Pemprov DKI-Kemenkes Benahi Pendataan Vaksinasi COVID untuk Lansia

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 04 Mar 2021 22:21 WIB
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria melakukan sidak di perkantoran dan pusat perbelanjaan Ibu Kota. Sidak dilakukan untuk pastikan aturan PPKM diterapkan.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria mengatakan sudah melakukan rapat dengan pemerintah pusat terkait vaksinasi COVID-19. Riza menyebut alur pendaftaran sudah diatur.

"Sudah di atur, pendaftaran sudah di atur registrasinya. Tadi kami juga rapat dengan Pak Menko, dengan Menkes, dan lain-lain, tadi sudah diatur sedemikian," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (4/3/2021).

Riza menyebut pendataan akan diatur oleh sejumlah instansi, mulai dari Kemenkes hingga Kementerian Kominfo. Sehingga integrasi pendataan kedepannya akan semakin baik.

"Nanti pendataan itu diatur oleh Kemenkes kemudian oleh Kominfo, kemudian BPJS, kemudian oleh Telkom, dan sebagainya. Integrasi data insyaallah semakin hari semakin baik," ucapnya.

Riza menyadari perlu adanya perlakuan khusus mengatasi pendataan yang dihadapi oleh para lansia. Tujuannya untuk memastikan agar vaksinasi bagi lansia berjalan lancar dengan mengutamakan protokol kesehatan (prokes) COVID-19.

"Semua mendapatkan kesempatan yang sama cuman perlu di registrasi, didaftar, diatur yang namanya lansia harus mendapatkan perhatian. Jangan jaraknya terlalu jauh, diatur sedemikian supaya tidak menunggu terlalu lama dan sebagainya. Jadi memang harus ada perlakuan yang berbeda terhadap lansia, namanya orang tua kita, kakek nenek kita, diatur supaya jaraknya dekat dengan rumah," terangnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta buka suara soal adanya warga lanjut usia (lansia) yang telah terdaftar di situs Kementerian Kesehatan (Kemenkes) namun belum divaksinasi Corona atau COVID-19. Pemprov DKI mengatakan yang terdapat di situs Kemenkes hanya sekadar pendaftaran.

"Jadi begini, yang di Kemenkes buka adalah pendaftaran, hanya pendaftaran. Kan lansia daftar, terus suntiknya di mana? Kan nggak tahu faskesnya," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti kepada wartawan, Rabu (3/3/2021).

Dia mengatakan Pemprov DKI kemudian mengambil data dari Kemenkes tersebut. Setelah data diperoleh, Pemprov DKI membuat pemetaan untuk menentukan fasilitas kesehatan lokasi vaksinasi para lansia.

Selanjutnya, masing-masing faskes akan membuat penjadwalan vaksinasi kepada para lansia. Data yang telah masuk ke sistem Kemenkes itu, katanya, akan menjadi rujukan bagi pihak kelurahan atau kecamatan untuk menjadwalkan vaksinasi Corona bagi para lansia.

Simak Video: Layanan Vaksinasi COVID-19 Drive Thru untuk Lansia Resmi Beroperasi

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)