Jokowi Minta Pemda Lebih Cepat Lakukan Vaksinasi Corona

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 04 Mar 2021 20:32 WIB
Jokowi Tinjau Lumbung Pangan di Sumba Tengah NTT
Foto: Presiden Jokowi (Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan telah mengingatkan pemerintah daerah (pemda) untuk lebih cepat melaksanakan vaksinasi COVID-19 terhadap masyarakat. Jokowi juga berpesan agar giat vaksinasi ini terus ditingkatkan.

"Terkait dengan program vaksinasi, saya juga telah mengingatkan dan meminta pemerintah daerah untuk lebih cepat, untuk lebih giat melaksanakan vaksinasi di daerah masing-masing," kata Jokowi di akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (4/3/2021).

Percepatan program vaksinasi, kata Jokowi, untuk secepat mungkin membentuk kekebalan tubuh di masyarakat. Hal ini, agar mengendalikan penularan COVID-19.

"Agar kita sesegera mungkin dapat membentuk kekebalan kelompok, herd immunity, karena percepatan vaksinasi menjadi salah satu kunci untuk mengendalikan laju penularan COVID, untuk mengendalikan pandemi ini," ujarnya.

Vaksinasi masyarakat pun tak hanya berhenti di wilayah Jakarta. Jokowi mengatakan vaksinasi COVID-19 akan terus bergulir di seluruh wilayah Indonesia.

"Oleh karena itu, vaksinasi ini tidak hanya di Jakarta, tapi harus terus bergulir ke semua provinsi, ke semua kabupaten, ke semua kota. Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengan, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, dilanjutkan dengan Bali, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua," ucapnya.

Untuk menunjang vaksinasi ini, Jokowi menekankan pentingnya dukungan distribusi ke setiap daerah. Ditargetkan, 40 juta warga sudah divaksinasi COVID-19.

"Semuanya akan memulai secara besar-besaran proses vaksinasi yang tentunya kita harapkan juga didukung oleh distribusi vaksin yang baik," sebut Jokowi.

"Untuk pelaksanaan vaksinasi, hingga hari ini sudah lebih dari 2 juta orang sudah disuntik vaksin, dan sebanyak 12 juta vaksin telah didistribusikan ke 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota. Target vaksinasi pada periode Januari sampai Juni adalah 40 juta orang," imbuhnya.

Lihat juga Video: Hitung-hitungan Jokowi Menargetkan Vaksinasi Kurang dari 1 Tahun

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/imk)