Jokowi Gaungkan Benci Produk Asing, Pimpinan DPR Minta Izin UMKM Dipermudah

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Kamis, 04 Mar 2021 18:17 WIB
Azis Syamsuddin.
Foto: Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin. (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggaungkan kepada masyarakat untuk mencintai produk dalam negeri sekaligus membenci produk asing. Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin meminta agar para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dipermudah mendapatkan izin.

"Tentunya seruan ini harus sinergis dengan upaya pemerintah dalam mendukung para pelaku UMKM dari sisi permodalan dan pendampingan strategi pemasaran" Kata Azis Syamsuddin dalam keterangannya, Kamis (4/3/2021).

Azis mendukung rencana pemerintah yang ingin mengkampanyekan produk dalam negeri dibandingkan produk asing. Waketum Golkar itu menjelaskan menilai UMKM perlu mendapat perhatian khusus agar mampu membangkitkan pemulihan ekonomi.

"Pemerintah serta Forkompinda harus dapat sinergis untuk mempermudah memberikan izin bagi para pelaku UMKM di berbagai daerah, sehingga seruan Presiden Jokowi dapat diterapkan sampai tingkat paling bawah di daerah terpencil," ujarnya.

Lebih lanjut, Azis Syamsuddin meminta masyarakat agar semakin mencintai produk dalam negeri. Ia mengimbau masyarakat agar menggunakan produk asing seperlunya saja.

"Kita bantu mengembangkan produk dalam negeri, konsumsi produk dalam negeri. Produk impor cukup sesuai kebutuhan saja. Mari majukan bangsa dengan mencintai produk-produk karya anak bangsa, sehingga ekonomi bangkit dan harapan Presiden Jokowi dapat terwujud," tutupnya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi kembali meminta seluruh pemangku kepentingan untuk mengagungkan cinta produk Indonesia. Bukan hanya itu dia juga meminta agar didorong kampanye untuk benci produk asing.

"Ajakan-ajakan untuk cinta produk-produk kita sendiri, produk-produk Indonesia harus terus digaungkan. Produk-produk dalam negeri gaungkan! Gaungkan juga benci produk-produk dari luar negeri," tegasnya saat membuka Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2021, dilansir dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (4/3).

"Bukan hanya cinta, tapi benci. Cinta barang kita, benci produk dari luar negeri," tambah Jokowi.

Simak Video: Jokowi: Cintai Barang Kita, Benci Produk Luar Negeri

[Gambas:Video 20detik]



(hel/zak)