Kahiyang Ikut Rakernas Dekranas Saat Bobby Beraksi Robohkan Bangunan Ilegal

Datuk Haris Molana - detikNews
Kamis, 04 Mar 2021 16:31 WIB
Bobby Nasution pimpin penertiban bangunan liar di Kesawan Medan
Bobby saat memimpin penertiban bangunan ilegal di Medan (Foto: Datuk Haris Molana/detikcom)
Medan -

Istri Wali Kota Medan Bobby Nasution, Kahiyang Ayu, mengikuti Rakernas Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Tahun 2021. Kegiatan itu dilakukan saat Bobby beraksi merobohkan bangunan ilegal.

Rakernas itu diikuti Kahiyang dari rumah dinas Walkot Medan, Kamis (4/3/2021). Kahiyang yang merupakan Ketua Dekranasda Kota Medan menargetkan UMKM menjadi salah satu penggerak ekonomi di tengah pandemi Corona.

"Tentunya, dibutuhkan kerja sama, kerja keras dan terpenting adalah kolaborasi, agar pelaku UMKM dapat terus berinovasi melahirkan produk-produk yang bermutu dan berkualitas tinggi," ujar Kahiyang Ayu.

Dia mengatakan Dekranasda Medan bakal mengembangkan dan melestarikan produk berbasis tradisi dan warisan budaya. Menurutnya, hal itu merupakan perhatian Dekranasda se-Indonesia.

Sebelumnya, Bobby Nasution mulai beraksi untuk membuat kawasan Kesawan, Medan, menjadi tempat wisata. Langkah awalnya adalah merobohkan bangunan ilegal di kawasan itu.

Bobby, yang memimpin penertiban itu, mengatakan bangunan yang ditertibkan adalah bangunan tanpa izin. Dia mengatakan bangunan di kawasan tersebut tak boleh diubah bentuknya.

"Ini kan kawasan yang tidak boleh diubah bentuk bangunannya, terus di luarnya juga kan diubah semua, di kanan-kirinya itu nggak ada yang seperti ini bentuknya. Tidak perbolehkan dan izinnya nggak ada, IMB-nya nggak ada," kata Bobby Nasution di lokasi penertiban.

Bobby menyebutkan pihaknya sudah memperingatkan pemilik gedung. Namun pihak pemilik masih melakukan pengerjaan pembangunan gedung tersebut.

Setelah itu Bobby melanjutkan aksinya dengan sidak ke RSUD Pirngadi, Medan. Bobby menemukan sejumlah fasilitas tak layak di rumah sakit tersebut. Saat sidak, Bobby menemukan eskalator mati hingga sampah berserakan di rumah sakit.

"Fasilitas juga masih banyak yang tidak berfungsi dan tidak layak. Eskalator mati, ada pintu kaca yang pecah. Kebersihan juga masih belum maksimal, masih banyak sampah berserakan," kata Bobby Nasution.

(haf/haf)