Tok! Pengunggah Kolase Foto Ma'ruf-'Kakek Sugiono' Divonis 8 Bulan Penjara

Perdana Ramadhan - detikNews
Kamis, 04 Mar 2021 11:35 WIB
Sulaiman Marpaung Pengunggah Kolase Maruf-Kakek Sugiono
Sulaiman Marpaung, pengunggah kolase Ma'ruf Amin dan 'Kakek Sugiono' (Satria 20detik)

Sementara itu, hal yang meringankan terdakwa ialah mengakui perbuatannya, menyesal, berjanji tidak akan mengulangi, belum pernah dihukum, tulang punggung keluarga, serta terdakwa masih muda, yang diharapkan bisa memperbaiki perbuatannya.

Sebelumnya, kasus ini berawal dari beredarnya tangkapan layar akun Facebook mengunggah kolase foto Ma'ruf dan 'Kakek Sugiono'. Kolase itu disertai narasi 'Jangan kau jadikan dirimu seperti Ulama tetapi kenyataannya kau penjahat agama. Diusia Senja Banyaklah Berbenah untuk ketenangan di Alam Barzah. Selamat melaksanakan Ibadah Shalat Jumat'.

Belakangan, akun tersebut diketahui merupakan milik Sulaiman Marpaung. Unggahan tersebut sudah dihapus dan Sulaiman meminta maaf. Namun tangkapan layarnya sudah telanjur beredar dan viral. GP Ansor Tanjungbalai kemudian melaporkan masalah ini ke polisi. Proses penyelidikan kemudian dimulai.

Saat kasus mencuat, Sulaiman merupakan ketua MUI tingkat kecamatan di Tanjungbalai serta anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK). Setelah proses hukum bergulir, Sulaiman dipecat dari MUI dan mundur dari PPK.

Sulaiman kemudian ditangkap Bareskrim Polri di Tanjungbalai, Jumat (2/10). Dia dibawa ke Jakarta untuk menjalani pemeriksaan. Sulaiman dijerat Pasal 45A ayat (2) juncto Pasal 28 ayat (2) dan Pasal 27 ayat (3) UU No 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU No 11 Tahun 2008 tentang ITE. Dia telah meminta maaf dan mengaku khilaf.

Ma'ruf juga telah memaafkan Sulaiman. Pihak Istana Wapres berkoordinasi dengan Bareskrim agar Sulaiman dibebaskan. GP Ansor juga sudah mengirim surat permohonan pencabutan laporan.

Meski ada permohonan pencabutan laporan oleh GP Ansor Tanjungbalai, kasus ini tetap berlanjut. Alasannya, ada pihak lain yang melaporkan Sulaiman ke Bareskrim Polri.

Halaman

(haf/haf)