Viral Satpol PP Tindak Skateboarders di Thamrin, Ini Kata Kasatpol

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 04 Mar 2021 11:33 WIB
Kasatpol PP DKI Arifin
Kasatpol PP DKI Arifin (Ilman/detikcom)
Jakarta -

Aksi Satpol PP menindak tegas dua skateboarders di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, viral di media sosial. Penindakan ini dilakukan lantaran keduanya melanggar protokol kesehatan (prokes) COVID-19 dan melakukan perlawanan.

Dalam video yang beredar di media sosial, aksi ini terjadi di trotoar depan Hotel Mandarin Oriental di Thamrin, Jakarta Pusat. Terlihat sejumlah petugas Satpol PP hendak membawa dua orang secara paksa.

Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin mengatakan penindakan itu berawal dari laporan masyarakat. Menurutnya, kegiatan yang dilakukan skateboarders itu kerap menimbulkan kerumunan di trotoar.

"Kemudian terkait peristiwa kemarin, jadi anggota kita sering kali mendapatkan pengaduan bahwa ada teman-teman yang menggunakan di depan Hotel (Mandarin Oriental) trotoar di Thamrin itu sering digunakan teman-teman main skateboard, mengokupasi trotoar," kata Arifin saat dihubungi detikcom, Kamis (4/3/2021).

"Jadi pada saat itu anggota kita sedang melakukan patroli, kemudian didapatkan mereka yang bermain skateboard terlihat berkerumun," sambungnya.

Saat Satpol PP mendatangi lokasi, para skateboarders itu langsung melarikan diri, sehingga tersisa dua orang yang diamankan.

"Jadi bukan satu, dua orang, tapi banyak yang main di situ, sehingga anggota datang melakukan pendisiplinan, dalam artian menyampaikan bahwa saat ini masih suasana pandemi COVID, masih PPKM sehingga ada keterbatasan dalam beraktivitas. Saat anggota datang yang lain, rekan-rekannya masing-masing melarikan diri, menghindar, yang tersisa yang dipegang sama anggota untuk kemudian diedukasi, diingatkan, disampaikan dan didata dari mana, tinggalnya di mana. Namun pada saat diajak ke tempat posko yang tidak jauh dari lokasi itu, yang ada di situ tidak mau, menolak, ngelawan, seperti itu. Terjadinya miskomunikasi yang terjadi seperti itu," jelasnya.

Terkait ada anggapan Satpol PP terlalu keras dalam melakukan tindakan, Arifin mengaku akan melakukan evaluasi. Dia meminta kepada anggotanya untuk mengedepankan sikap sopan saat melakukan penindakan.

Yang pertama, anggota tetap menjadi evaluasi. Saya selaku Kasatpol PP terus mengingatkan anggota di lapangan melakukan tugas-tugasnya dengan penuh santun, untuk menghargai, menghormati setiap orang," katanya.

Simak juga 'Pesan Anies di HUT Ke-71 Satpol PP DKI: Tegas dan Humanis':

[Gambas:Video 20detik]



(man/tor)