Kabareskrim Temui Pimpinan KPK Bahas Penguatan Supervisi Kasus Korupsi

Farih Maulana Sidik - detikNews
Kamis, 04 Mar 2021 10:57 WIB
Gedung baru KPK
Ilustrasi KPK (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto menemui pimpinan KPK. Agus datang ke KPK untuk membahas penguatan supervisi kasus korupsi oleh KPK.

"Audiensi antara lain membahas penguatan sinergi di antara kedua lembaga KPK dan Polri dalam pemberantasan korupsi, khususnya terkait penguatan supervisi KPK kepada Polri," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Kamis (4/3/2021).

Ali mengatakan Agus diterima oleh Ketua KPK Firli Bahuri didampingi Wakil Ketua Alexander Marwata, Nawawi Pomolango, dan Nurul Ghufron. Sementara itu, Agus didampingi Dirtipidkor Bareskrim Polri Brigjen Djoko Poerwanto. Pertemuan tersebut berlangsung tertutup.

Selain audiensi, Agus dan Pimpinan KPK membahas rencana perpanjangan MoU antara KPK dan Polri. Sementara itu, Agus mengatakan dirinya hadir untuk memperkenalkan diri sebagai Kabareskrim baru.

"Hari ini saya diterima bersama Pak Ketua bersama dengan komisioner dan pejabat Pak Deputi, dan pejabat eselon 1 dan 2 untuk meningkatkan sinergitas pelaksanaan tugas ke depan," ucap Agus.

Sebelumnya, Agus juga bertemu dengan Menkum HAM Yasonna Laoly. Agus mengatakan pertemuan ini ditujukan untuk silaturahmi dengan Yasonna.

"Silaturahmi. Selama ini sudah sangat baik kerja sama, kan harus tetap terjaga," ujar Agus, Rabu (3/3).

Agus mengatakan juga memperkenalkan diri sebagai Kabareskrim Polri yang baru. Dia kemudian menjelaskan sejumlah hal yang dibahas dalam pertemuan itu.

Agus dan Yasonna juga membahas pencegahan dan penanganan WNI terindikasi atau korban tindak pidana perdagangan orang di luar negeri. Dia juga mengatakan akses bantuan hukum bagi warga miskin juga dibahas dalam pertemuan tersebut.

"Tak lupa, kerja sama terkait pemberian akses bantuan hukum terhadap orang miskin atau kelompok orang miskin juga dibahas," kata Agus.

Simak juga 'KPK Bersama 27 BUMN Teken Kerja Sama Pemberantasan Korupsi':

[Gambas:Video 20detik]






(fas/haf)