PAN Minta Informasi Corona B117 di Pusat dan Daerah Seirama

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 04 Mar 2021 07:36 WIB
Anggota Komisi IX DPR Saleh Daulay
Saleh Daulay (Foto: Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sama-sama mengumumkan penemuan 2 warga yang positif virus Corona varian baru B117. PAN meminta pemerintah pusat dan daerah mesti berkoordinasi agar informasi yang disampaikan tak membingungkan warga.

"Perlu informasinya disamakan iramanya dari informasi pusat dengan daerah, karena Wakil Menteri Kesehatan juga pernah menyampaikan ada penemuan baru varian ini. Kedua, Menteri Kesehatan juga tadi sudah ngomong dua orang yang disampaikan disebutkan datangnya dari Arab Saudi. Kebetulan ini ada Ridwan Kamil (mengumumkan) dua orang juga," kata Ketua Fraksi PAN DPR Saleh Partaonan Daulay ketika dihubungi, Rabu (3/3/2021).

Saleh mempertanyakan apakah informasi yang disampaikan Budi Gunadi, Dante Saksono, dan Ridwan Kamil sama atau beda. Menurut Saleh, jika informasi yang disampaikan pemerintah pusat dan daerah tidak diharmonisasikan, maka dikhawatirkan tersampaikan informasi yang salah ke masyarakat.

"Informasi ini orang akan berpikir bahwa Wakil Menteri Kesehatan bilang 2 (terpapar B117), menteri Kesehatan 2 dan gubernur (Jawa Barat) bilang 2, maka 6 (terpapar B117). Jangan seperti itu," jelasnya.

"Supaya masyarakat tahu informasi yang valid seperti apa," lanjutnya.

Saleh turut khawatir dengan penyebaran varian Corona ini. Terkait vaksinasi, Saleh merasa epidemiolog perlu menjelaskan lebih rinci kepada masyarakat. Apalagi dengan kemunculan virus Corona B117 ini.

"Jadi epidemiolog bisa memberikan penjelasan terkait dengan varian baru ini ini kan lebih mudah menyebar," ungkap Saleh.

Saleh meminta masyarakat untuk memperketat protokol kesehatan, mulai dari menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Diketahui, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menyampaikan kabar mengejutkan pada Selasa (2/3) kemarin. Sebanyak 2 kasus mutasi dari Inggris ditemukan untuk pertama kalinya.

"Tepat satu tahun hari ini, kita menemukan mutasi B117, UK mutation, di Indonesia. Ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan 2 kasus," kata Dante.

Kemudian, pengumuman ini disusul dengan pernyataan yang serupa dari Budi Sadikin selaku Menteri Kesehatan dan Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat pada Rabu (3/3).

Simak video 'Indonesia Kendor, Virus Corona B117 Pun Masuk':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/aud)