Round-Up

Terbongkar Pabrik Ganja Sintetis yang Incar Kalangan Pelajar

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 04 Mar 2021 07:30 WIB
Polsek Sawah Besar membongkar pabrik rumahan ganja sintetis di Kembangan, Jakbar.
Polsek Sawah Besar membongkar pabrik rumahan ganja sintetis di Kembangan, Jakbar. (Rahmat Fathan/detikcom)
Jakarta -

Sebuah pabrik rumahan (home industry) ganja sintetis di perumahan di Kembangan, Jakarta Barat, dibongkar polisi. Pabrik tersebut dioperasikan oleh anak-anak muda selama 2 tahun terakhir.

Para tersangka mampu membuat 4 kilogram ganja sekali produksi. Ganja sintetis ini diedarkan melalui jejaring media sosial, dengan sasarannya kalangan pelajar.

Pabrik ganja sintetis ini terbongkar setelah polisi menyelidiki sebuah informasi masyarakat terkait peredaran ganja sintetis. Polisi kemudian mengembangkan penyelidikan hingga akhirnya membongkar pabrik ganja sintetis ini di Jakarta Barat.

"Di TKP pertama kita mendapatkan home industry dengan 2 tersangka, kemudian kita kejar sampai kaki tangannya di Bandung kita amankan di sebuah hotel 2 orang," jelas Wakapolres Jakarta Pusat AKBP Setyo Koes Heriyanto kepada wartawan di Polres Jakpus, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (3/3/2021).

Dari situ, polisi menangkap MF (19), dan RH (18) yang merupakan pengedar. Keduanya ditangkap di sebuah kamar hotel di Bandung, Jawa Barat saat hendak melakukan transaksi.

"Peran TKP pertama yang kita amankan RJ dan RA itu yang membuat, yang punya home industry. Untuk yang kedua yang di Bandung ini MF dan RH termasuk kaki tangannya, yang kita amankan di sebuah hotel waktu transaksi," ujar Setyo

Menurut Setyo, tersangka RJ dan RA meracik ganja sintetis secara otodidak. Para tersangka mendapatkan bahan baku dari situs online.

"Kalau bahannya didapatkan dari online. Jadi mereka belajar sendiri, dengan senyawa kimia, bahan-bahannya bahan-bahan kimia semua, belajar sendiri, buat home industry sendiri," tuturnya.

Setyo mengatakan, pabrik ganja sintetis ini sudah beroperasi selama 2 tahun. Mereka mengedarkannya di media sosial.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya

Saksikan juga '6 Drum Dibongkar Petugas, Isinya 450 Kilogram Ganja':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3