Corona B117 Terdeteksi di RI, Gerindra: Perketat Pemeriksaan di Bandara

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 04 Mar 2021 07:05 WIB
Putih Sari
Foto: Putih Sari (Dok.istimewa)
Karawang -

Dua warga Kabupaten Karawang, Jawa Barat, terpapar virus Corona varian baru B117. Gerindra meminta pemerintah memperketat pemeriksaan di bandara.

"Memperketat pemeriksaan di airport dan perbatasan negara, terutama dari destinasi negara yang sudah jelas terpapar mutasi B117 seperti Inggris," ujar Waketum Gerindra Putih Sari kepada detikcom, Rabu (3/3/2021).

Putih juga meminta pemerintah membatasi mobilitas penduduk antar daerah dan antar negara. Selain itu, surveilans genom perlu dilakukan untuk mengetahui varians baru ini.

Surveilans genom merupakan upaya pelacakan dan pemantauan genom virus SARS-CoV-2 terkait informasi kepada masyarakat.

"Mempercepat upaya vaksinasi COVID untuk meningkatkan imunitas penduduk dan mencapai target herd immunity," imbuh Putih.

Tracing serta testing, kata Putih, perlu digenjot. Masyarakat juga harus mematuhi protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penularan virus Corona.

"Pemerintah pusat kami harapkan bisa memperkuat koordinasi dengan pemerintah daerah khususnya Kabupaten Karawang. Utamanya untuk memastikan agar mutasi B117 ini tidak menyebar ke masyarakat luas," ucapnya.

Diketahui, dua warga Karawang terpapar virus Corona B117. Dinkes Karawang mengungkapkan dua perempuan itu Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Arab Saudi.

Data disampaikan Dinkes Karawang, dua orang itu inisial M (40), warga Kecamatan Lemah Abang, dan inisial A (45), warga Kecamatan Pedes. Pihaknya belum mengetahui pekerja M dan A di Arab Saudi.

"Untuk pekerjaannya, kami tidak tahu jelasnya, yang pasti bekerja sebagai TKI di Arab Saudi," kata Plt Kadinkes Karawang Nanik Jodjana, Rabu (3/3/2021).

Simak video 'Tips Melindungi Diri dari Virus Corona B117':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/aud)