Round-Up

Urusan Sampah Bau di Pekanbaru Bikin Menteri Turun Tangan

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 04 Mar 2021 04:34 WIB
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya
Foto: Menteri LHK Siti Nurbaya (Dok. KLHK)
Pekanbaru -

Urusan sampah di Pekanbaru yang memunculkan bau mendapat sorotan dari berbagai pihak. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya sampai-sampai ikut turun tangan agar permasalahan sampah di Pekanbaru itu bisa segera diselesaikan.

Peranan Menteri LHK dalam penanganan sampah di Pekanbaru diungkapkan oleh Wakapolda Riau, Brigjen Tabana Bangun. Siti Nurbaya disebut mendukung penuh Polda Riau mengusut dugaan tindak pidana dalam pengelolaan sampah di Pekanbaru.

"Kemarin kami diterima langsung Menteri LHK. Pada pertemuan itu kami berdiskusi pengelolaan sampah di Pemko Pekanbaru dan dampak lingkungan pada warga kota," kata Brigjen Tabana, Rabu (3/3/2021).

"Prinsipnya beliau mendukung penuh pada langkah-langkah yang kini dilakukan Polda Riau," imbuhnya.

Polda Riau memang sedang menyelidiki dugaan tindak pidana dalam pengelolaan sampah di Pekanbaru. Setidaknya sudah 20 saksi yang diperiksa oleh Polda Riau.

Dalam penanganan inilah terdapat peran Menteri LHK. Siti Nurbaya akan mengirimkan sejumlah ahli untuk membantu Polda Riau mengusut kasus pengelolaan sampah di Pekanbaru.

"Sampai saat ini telah diperiksa terhadap 13 saksi masyarakat, 17 saksi Dinas LHK, pihak swasta, ahli lingkungan hidup, ahli pidana, ahli administrasi negara dan ahli pengadaan barang dan jasa," ungkap Direktur Reskrimum Polda Riau, Kombes Teddy Ristiawan.

Pengiriman ahli dari Kementerian LHK merupakan permintaan dari Polda Riau. Menteri LHK pun disebut langsung menyatakan siap menerjunkan tim khusus.

"Kami meminta saksi ahli dari KLHK sama Ibu Menteri dan langsung dinyatakan siap mendukung dan merekomendasikan saksi ahli yang dibutuhkan. Beliau mengatakan akan ikut mengawal perkembangan kasus, berjanji dalam waktu dekat ini menurunkan tim khusus KLHK untuk membantu kami," papar Teddy.

Selengkapnya baca di halaman selanjutnya.

Simak juga 'Jorok! Sampah Menumpuk di Jalan Nikel Raya Makassar':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2