Speedboat Pengangkut 20 WN Ukraina Alami Kecelakaan di Balikpapan

Suriyatman - detikNews
Rabu, 03 Mar 2021 10:32 WIB
Proses evakuasi kecelakaan speedboat di Balikpapan (dok. Istimewa)
Proses evakuasi kecelakaan speedboat di Balikpapan. (dok. Istimewa)
Balikpapan -

Kecelakaan kapal cepat atau speedboat terjadi di perairan Balikpapan. Speedboat itu mengangkut 20 orang warga negara (WN) Ukraina dan tiga orang WNI.

"Speedboat mereka mengalami kecelakaan di wilayah bouy 0 atau Sejauh 13 NM dari Balikpapan menurut informasi dari VTS/srop Balikpapan yang menerima info awal terjadinya laka tersebut melalui radio oleh MV. Manalagasia dan TB Mulia 7 yang kebetulan berada di sekitar lokasi kejadian," kata Kepala Basarnas Kaltim Melkianus Kotta kepada wartawan, Rabu (3/3/2021).

Speedboat itu tenggelam setelah mengalami kecelakaan akibat cuaca buruk, Selasa (2/3). Melkianus mengatakan para WNA itu bertolak ke Balikpapan untuk melakukan tes PCR sebelum berangkat ke Jakarta.

Mereka disebut hendak kembali ke negara asalnya. Melkianus mengatakan 20 WNA itu berada di dua speedboat, sedangkan barang-barang mereka dibawa menggunakan satu speedboat.

"(Sebanyak) 20 WNA itu kemudian menggunakan tiga speedboat carter dengan tiga motoris WNI. Satu speedboat membawa barang-barang korban sementara dua lainya membawa 20 WNA," ujarnya.

Menurutnya, speedboat yang membawa barang tidak terbalik. Ke-20 orang WN Ukraina tersebut sempat terombang-ambing di laut sebelum akhirnya diselamatkan petugas.

"Namun di tengah perjalanan tiba-tiba cuaca buruk dan mengakibatkan speedboat mereka terbaik sedangkan satu speedboat yang memuat barang-barang mereka selamat," jelasnya.

Dia mengatakan 12 orang korban kecelakaan diselamatkan dan dibawa dengan Kapal MV Manalagiasa menuju Pelabuhan Semayang untuk pemeriksaan kesehatan lebih lanjut lagi. Sedangkan 11 korban lainnya diselamatkan oleh kapal TB Mulia 7 yang berdekatan dengan MV Manalagiasa.

"Total korban yang berhasil diselamatkan berjumlah 23 orang," ujarnya.

[Gambas:Video 20detik]



Simak juga 'Tabrakan Maut di Pantura Subang, Dua Orang Tewas':

(haf/haf)