Ma'ruf Amin Apresiasi Alat Tes Genose: Selama Ini Riset Kita Tertinggal

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 03 Mar 2021 01:18 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin
Foto: Wapres Ma'ruf Amin (dok. Setwapres)

Bambang menyebut penemuan Genose adalah berkah yang tak disangka saat pandemi Corona. Dia mengatakan semangat inovasi tumbuh luar biasa.

"Selama masa Covid ada berkah yang tidak disangka, yaitu semangat untuk melakukan riset dan inovasi tumbuh luar biasa. Ternyata kualitasnya luar biasa dan dapat dipertanggungjawabkan karena melalui semua proses standarisasi perizinan yang diharuskan," ucap Bambang.

Genose merupakan alat tes Corona yang dikembangkan oleh Tim Universitas Gadjah Mada, metode sampling pada Genose menggunakan hembusan napas. Hembusan napas pada manusia diklaim memiliki senyawa yang dapat membedakan seseorang yang terpapar virus COVID-19 atau yang tidak terpapar. Hasil tes menggunakan Genose dapat diketahui dalam waktu kurang dari satu menit.

Turut hadir dalam pertemuan itu, Sekretaris Kemeristek/BRIN Mego Pinandito, Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito, Plt. Deputi Penguatan Riset dan Pengembangan Ismunandar, dan Tim Penemu Genose UGM Eko Fajar Nur Prasetyo, Safitri, dan Irma Setyawati Lubis.

Sementara itu, hadir mendampingi Wapres Ma'ruf Amin, Kepala Sekretariat Wapres Mohamad Oemar dan Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi.

Halaman

(lir/maa)