Mau Dapatkan Edukasi soal Keuangan? Yuk Ikuti Webinar OVO Fintalk

Faidah Umu Sofuroh - detikNews
Selasa, 02 Mar 2021 15:51 WIB
OVO
Foto: dok. OVO
Jakarta -

Di zaman serba digital ini, semakin banyak masyarakat yang memiliki akses terhadap produk dan layanan jasa keuangan. Seperti yang diterangkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), indeks inklusi keuangan di Indonesia saat ini mencapai 76,2%.

Namun, tingginya indeks inklusi keuangan tidak sebanding dengan indeks literasi keuangan yang masih rendah yaitu sebesar 38%. Artinya, belum banyak masyarakat yang teredukasi soal keuangan, termasuk di dalamnya perihal investasi. Hal tersebut terbukti dari angka literasi di area pasar modal yang sangat rendah yaitu hanya 1,7%.

Data ini pun berbanding lurus dengan survei yang dilakukan oleh OVO dan Kantar terkait dengan kebiasaan investasi pada generasi milenial. Dalam survei tersebut ditemukan 6 dari 10 responden lebih suka memiliki tabungan daripada berinvestasi.

Sementara 50% responden juga menilai investasi reksa dana memiliki risiko terlalu tinggi untuk keuangan mereka, salah satunya karena proses pencairannya yang tidak ramah dan lama untuk mendapatkan keuntungan.

Melihat sejumlah data ini, OVO pun berinisiatif meluncurkan OVO | Invest dengan menggandeng Bareksa dan Manulife Aset Manajemen Indonesia pada akhir Januari 2021. Sebulan setelah peluncuran, fitur ini mendapatkan antusiasme yang cukup besar dari masyarakat. Hingga saat ini, jumlah pengguna yang sudah mendaftar OVO | Invest telah mencapai lebih dari 100.000.

Banyak masyarakat yang merasa terbantu dengan fitur ini baik untuk menabung maupun untuk yang mulai belajar berinvestasi. Kelebihan menggunakan fitur Invest di aplikasi OVO yaitu adanya promo PayDay.

Pengguna bisa berinvestasi mulai dari Rp 100.000 lalu mendapat cashback hingga Rp 10.000. Jika pengguna berinvestasi mulai dari Rp 500.000 bisa dapat cashback hingga Rp 50.000. Dan jika investasi mulai dari Rp 1 juta bisa cashback bisa mencapai hingga Rp 250.000.

Promo ini berlaku mulai 25 Februari-7 Maret 2021. Jadi jangan sampai lewatkan kesempatan emas ini. Untuk info selengkapnya bisa klik di sini.

Pada lain kesempatan, salah satu pengguna setia OVO bernama Fariha Mariroh menceritakan testimoninya dalam menggunakan OVO | Invest.

"Saya sudah beberapa kali berinvestasi di OVO | Invest sejak akhir Januari 2021 lalu dengan tujuan untuk menabung dan mempersiapkan biaya tak terduga. Sejauh ini, pengalaman saya dalam berinvestasi di aplikasi OVO sangatlah menyenangkan, di mana saya bisa berinvestasi hanya mulai dari Rp 10.000. Karena proses pembelian dan pencairannya yang cepat dan mudah hanya dalam satu aplikasi," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (2/3/2021).

"Saya rutin untuk menambah jumlah investasi (top up) secara berkala, setidaknya seminggu sekali. Semua kemudahan ini memberikan dorongan manfaat bagi saya untuk menyisihkan dana sejak dini, walaupun tidak banyak, tetapi saya percaya dengan prinsip sedikit-sedikit pasti akan menjadi bukit," lanjutnya.

Tak hanya meluncurkan wadah bagi pengguna untuk mulai berinvestasi, OVO juga akan mengedukasi masyarakat terkait investasi dan cara mengelola keuangan. Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan di Indonesia yang masih terbilang rendah.

Adapun edukasi yang akan diberikan OVO yaitu melalui webinar 'OVO Fintalk' sebanyak 8 episode. Webinar ini akan dilaksanakan pada 25 Februari-15 April 2021. Ada delapan tokoh finansial ternama yang akan sharing seputar investasi dan keuangan, antara lain Melvin Mumpuni, Dani Rachmat, Phillip Mulyana, Fellexandro Ruby, Ligwina Hananto, Felicia Putri, Aidil Akbar, dan Annisa Steviani.

Webinar pertama bersama Melvin Mumpuni sebagai Certified Financial Planner pada 25 Februari 2021 sudah berjalan sebelumnya dan memperoleh tingginya antusias masyarakat yang mengikuti rangkaian webinar tersebut. Ke depannya, masih banyak rangkaian webinar lainnya yang bisa diikuti sesuai dengan jadwal yang telah diinformasikan pada media sosial resmi OVO.

Jangan sampai rugi melewatkan kesempatan ini karena OVO juga akan menyiapkan hadiah utama dan hadiah menarik lainnya bagi para peserta webinar untuk setiap episode. Seluruh informasi terkait ketentuan dan pendaftaran, dapat dilihat secara langsung melalui media sosial resmi OVO atau bisa cek di sini.

(ads/ads)