BMKG Pantau 30 Titik Panas di Sumut, Ini Lokasinya

Antara - detikNews
Selasa, 02 Mar 2021 14:38 WIB
Ilustrasi BMKG (Eva Safitri/detikcom)
Foto: Ilustrasi BMKG (Eva Safitri/detikcom)
Jakarta -

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat berdasarkan pantauan Sensor Modis NOAA20 terdeteksi 30 titik panas (hotspot) di sejumlah wilayah Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Titik panas tersebut terpantau di delapan kabupaten di Sumut.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima dari BMKG dan dilansir Antara, Selasa (2/3/2021), dua hotspot tersebut terpantau di Kabupaten Asahan, satu hotspot di Humbang Hasundutan, satu hotspot di Labuhanbatu Selatan, dan 15 hotspot di Labuhanbatu.

Kemudian di Kabupaten Mandailing Natal terpantau tiga titik panas, Padang Lawas Utara satu titik panas, Tapanuli Selatan tiga titik panas, serta di Tapanuli Tengah tiga titik panas.

Sementara terkait prakiraan cuaca, pada sore hingga malam hari berawan dan berpotensi hujan sedang hingga lebat di pegunungan, lereng barat, pantai barat, dan lereng timur.

BMKG juga mengingatkan masyarakat di Sumatera Utara untuk waspada hujan lebat yang dapat disertai badai guntur di lereng timur, lereng barat, dan pantai barat.

Suhu udara 25-34 derajat Celcius, kelembapan udara 55-95 persen, angin berhembus dari barat laut- tenggara dengan kecepatan 5-20 km per jam.

Prakiraan gelombang laut di Perairan Utara Sabang, Perairan Barat Aceh, Perairan Meulaboh-Sinabang, Samudera Hindia Barat Aceh, Perairan Nias-Sibolga, Samudera Hindia Barat Nias setinggi 1,25-2,5 meter.

(jbr/jbr)