Kasus Mutasi COVID Inggris Ditemukan, Komisi IX: Perketat Screening!

Mochamad Zhacky - detikNews
Selasa, 02 Mar 2021 14:55 WIB
Politikus PDIP Charles Honoris
Charles Honoris (Dok. detikcom)

Anggota DPR dari Fraksi PDIP itu optimistis jika pemeriksaan Corona di pintu-pintu masuk RI dilakukan secara ketat dan disiplin serta pelacakan dilaksanakan secara masif, laju penyebaran COVID-19 di Tanah Air akan bisa ditekan.

"Saya cukup optimis apabila testing massal dan tracing dijalankan secara masif dan konsisten, protokol kesehatan juga dijalankan secara disiplin, maka kita akan bisa berhasil menahan laju penularan COVID-19 di Indonesia terlepas dari adanya varian-varian baru," ucap Charles.

Diberitakan sebelumnya, Wamenkes Dante Saksono Harbuwono menyampaikan bahwa telah terkonfirmasi temuan dua kasus mutasi COVID-19 dari Inggris. Dante menyebut penemuan kasus mutasi Corona ini membuat penanganannya semakin berat.

"Ada berita yang saya terima dari 1 tahun kita melakukan refleksi, kalau 1 tahun yang lalu kita menemukan kasus 01 dan 02 COVID-19, tadi malam saya mendapatkan informasi bahwa dalam tepat satu tahun hari ini kita menemukan mutasi B117 UK Mutation di Indonesia. Ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan dua kasus," kata Dante dalam acara Inovasi Indonesia untuk Indonesia Pulih Pasca Pandemi, yang disiarkan di YouTube Kemenristek/BRIN, Selasa (2/3).


(zak/gbr)