Golkar Copot Endang Effendi dari Ketua DPRD Cilegon, Diganti Isro Miroj

M Iqbal - detikNews
Selasa, 02 Mar 2021 11:19 WIB
Rapat Paripurna Usulan Pemberhentian Ketua DPRD Kota Cilegon
Rapat aripurna Usulan Pemberhentian Ketua DPRD Kota Cilegon beberapa hari lalu. (M Iqbal/detikcom)
Cilegon -

Endang Effendi diberhentikan dari jabatannya sebagai Ketua DPRD Kota Cilegon. DPD II Golkar membantah alasan pergantian Endang karena alasan pilihan politik.

Keluarga besar Endang diketahui pada Pilwakot Cilegon 2020 tak mendukung calon yang diusung Golkar. DPD II Golkar mengungkapkan alasan pergantian Ketua DPRD Kota Cilegon adalah hak partai dan pergantian antarwaktu (PAW) dilakukan karena sudah waktunya.

"Yang paling mendasar itu adalah hak partai, dan hak partai juga untuk tidak menyampaikan kepada temen-temen," kata Wakil Ketua DPD II Golkar Cilegon, Sutisna Abbas, kepada wartawan, Selasa (2/3/2021).

Golkar enggan mengungkap alasan DPD II Golkar melakukan PAW terhadap Endang. Sutisna menyebut pergantian pimpinan DPRD dari Endang Effendi kepada Isro Miroj sebagai hal biasa.

Menurutnya, partai hanya menunjuk siapa kader terbaik partai untuk duduk sebagai pemimpin di legislatif.

"Saya katakan tadi kalau hari ini saya sampaikan itu maka akan mengulang kembali (peristiwa Pilwalkot), jadi rentetannya tidak selesai-selesai nanti, kalau pertanyaan itu saya jawab tidak akan selesai nanti," katanya.

"Pergantian ketua dewan bukan sesuatu yang istimewa, biasa-biasa saja karena ini adalah kewenangan partai untuk menunjuk siapa yang layak menjadi pimpinan," ujarnya.

Golkar akan menempatkan Endang sebagai anggota biasa dan belum menentukan komisi yang akan ditempatkan Endang.

"Sementara ini sebagai anggota, kan belum diputuskan. Setelah Pak Isro disahkan baru kita akan lakukan AKD (alat kelengkapan dewan) berikutnya," ujarnya.

Sebelumnya, PAW Ketua DPRD Kota Cilegon dari Endang Effendi kepada Isro Miroj diketahui dalam rapat paripurna usulan pemberhentian dan pengangkatan pimpinan DPRD sisa masa jabatan 2019-2024 pada Senin (1/3) kemarin.

DPRD telah menerima surat keputusan dari DPP dan DPD Partai Golkar untuk mengganti Endang Effendi sebagai Ketua DPRD Kota Cilegon.

Pada Pilwakot Cilegon 2020 lalu. Sahruji, ayah kandung Endang mendukung dan menjadi ketua pemenangan Cawalkot Iye Iman Rohiman yang diusung PAN, PPP, dan Demokrat. Sahruji adalah senior di partai Golkar Cilegon. Sahruji bahkan diusulkan dipecat dari jabatannya sebagai Wakil Ketua DPD II Golkar saat menjadi ketua tim pemenangan Iye Iman Rohiman-Awab.

Endang waktu itu tak mengikuti pilihan politik ayahnya dan tetap mendukung Ratu Ati Marliati-Sokhidin, yang diusung Partai Golkar, Gerindra, NasDem, dan PKB.

Saksikan juga 'Golkar Institute Targetkan Buka Prodi S2 Tahun Ini':

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/jbr)