Eks Sekretaris MA Nurhadi dan Menantu Jalani Sidang Tuntutan Hari Ini

Zunita Putri - detikNews
Selasa, 02 Mar 2021 08:22 WIB
Eks Sekretaris MA Nurhadi dan menantunya Rezky Herbiyono kembali jalani sidang virtual. Sidang itu digelar terkait kasus suap-gratifikasi yang menjerat keduanya
Foto: Eks Sekretaris MA Nurhadi (Ari Saputra/detikcom))
Jakarta -

Mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi dan menantunya Rezky Herbiyono hari ini akan menjalani sidang tuntutan dari jaksa KPK. Sidang akan digelar di Pengadilan Tipikor Jakarta.

"Benar, hari ini agenda persidangan dengan pembacaan surat tuntutan dari Tim JPU," kata jaksa KPK Takdir Suhan kepada wartawan, Selasa (2/3/2021).

Takdir mengatakan jaksa akan secara detail menjelaskan rinci perbuatan Nurhadi dan Rezky. Takdir juga optimis dengan dakwaan yang dibuat pihaknya.

"Tim JPU akan secara detail menjabarkan semua uraian unsur dakwaan yang kami yakini terbukti dengan bukti-bukti yang telah di hadirkan di persidangan, sekaligus membantah dalil yang disampaikan oleh para terdakwa bersama tim penasihat hukumnya," katanya.

"Kami pun berharap, nantinya majelis hakim akan mempertimbangkan seluruh uraian perbuatan para terdakwa tersebut sebagaimana surat tuntutan," tambahnya.

Dalam sidang ini, Nurhadi dan Rezky didakwa menerima suap dan gratifikasi Rp 83 miliar terkait pengurusan perkara di pengadilan tingkat pertama, banding, kasasi, ataupun peninjauan kembali. Nurhadi dan Rezky didakwa menerima suap dan gratifikasi dalam kurun 2012-2016.

Jaksa menyebut ang suap diterima Nurhadi dan Rezky dari Hiendra Soenjoto selaku Direktur Utama PT Multicon Indrajaya Terminal (PT MIT) agar keduanya membantu Hiendra dalam mengurus perkara. Jaksa menyebut tindakan Nurhadi itu bertentangan dengan kewajibannya sebagai Sekretaris MA.

Simak video 'Saksi Ungkap Aliran Uang ke Rekening Menantu Nurhadi':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/hel)