Lahan Permakaman Baru untuk Jenazah Pasien COVID di TPU Bambu Apus Penuh

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 01 Mar 2021 22:57 WIB
Pemprov DKI Jakarta kembali membuka lahan baru pemakaman jenazah COVID-19 seluas 3.000 meter persegi di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bambu Apus, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.
Permakaman untuk jenazah COVID-19 di TPU Bambu Apus. (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta melaporkan lahan tambahan untuk permakaman jenazah COVID-19 di TPU Bambu Apus, Jakarta Timur, terisi penuh. Lahan tambahan di TPU Bambu Apus tersebut menampung 800 makam.

"Jadi yang sudah terpakai adalah Bambu Apus dari 800 petak makam sudah terpakai 800 per tanggal 11 Februari," kata Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Suzi Marsitawati di DPRD DKI Jakarta, Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (1/3/2021).

Tak hanya itu, lahan lainnya yang masih berlokasi di TPU Bambu Apus juga dilaporkan penuh. Di lahan tersebut sebelumnya menyediakan 400 lahad.

"Kemudian Bambu Apus lain, blad-nya lain kita buka 400 peta, sudah terpakai 400 sehingga closed," sebutnya.

Di sisi lain, TPU Srengseng Sawah di Jakarta Selatan masih menyediakan 1.034 petak makam. Sedangkan untuk TPU Tegal Alur juga proses penyiapan lahan sebanyak 800 petak makam.

"Kemudian TPU Srengseng Sawah daya tampungnya 1.900 petak makam sudah terpakai 866. Jadi yang dapat digunakan 1.034 petak makam," ujarnya.

"TPU lain yang disiapkan TPU Tegal Alur. Ini kita beli kemarin ya, tapi kita siapkan proses pematangan lahan, daya tampung 800 petak makam," sambungnya.

Sedangkan TPU Rorotan di Jakarta Utara hingga kini belum difungsikan. Suzi mengungkapkan saat ini pihaknya sedang merampungkan pembangunan akses masuk menuju lokasi.

"Jadi Rorotan kan 25 hektare pertama-tama kita buka 2 hektare dan ini hanya menunggu proses akses masuk karena kita terkendala hujan," jelasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta beberapa waktu lalu membuka lahan baru untuk jenazah pasien COVID-19 di TPU Bambu Apus, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Hal itu dilakukan karena jumlah jenazah pasien COVID-19 bertambah setiap harinya.

"Hari ini baru dimulai (pembukaan lahan baru). Jadi untuk sementara jenazah yang dimakamkan di TPU Pondok Ranggon dialihkan ke TPU Bambu Apus," kata Penanggung Jawab Pelaksana Pemakaman COVID-19 di TPU Pondok Ranggon Muhaemin seperti dilansir Antara, Jumat (22/1).

(zak/zak)