Tinjau Banjir Bandang di Dompu, Gubernur NTB Minta Warga Waspada Bencana

Faruk Nickyrawi - detikNews
Senin, 01 Mar 2021 19:48 WIB
Gubernur NTB Zulkieflimansyah meninjau lokasi banjir bandang
Gubernur NTB Zulkieflimansyah meninjau lokasi banjir bandang di Dompu. (Faruk Nickyrawi/detikcom)
Dompu -

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah meninjau lokasi banjir bandang di Desa Daha, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu. Zulkieflimansyah meminta masyarakat selalu waspada terhadap bencana.

"Masyarakat harus terus meningkatkan kewaspadaan akan bencana akibat curah hujan yg begitu tinggi di musim ini," kata Zulkieflimansyah kepada wartawan di lokasi bencana, Senin (1/3/2021).

Zulkieflimansyah mengunjungi lokasi bencana sore tadi. Dia didampingi oleh Bupati Dompu Abdul Kader Jailani dan unsur forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda).

Zulkieflimansyah mengatakan sejumlah bantuan sudah disalurkan kepada korban bencana. Dia meninjau untuk memastikan kelanjutan hal yang perlu ditangani bersama pihak terkait.

"Bantuan tanggap darurat sudah kita salurkan. Dan kita tinjau lapangan hari ini untuk memastikan apa saja untuk kita sinergikan kembali dalam penanganan ini," ujarnya.

Sejauh ini, Zulkieflimansyah belum mengetahui pasti faktor yang menyebabkan banjir bandang itu. Pihaknya akan melakukan evaluasi.

"Apakah karena volume airnya besar karena kondisi hutan yang gundul atau memang ada penyempitan sungai dan hambatan di sungai lainnya itu yang kita lihat. Tapi alat berat akan mengangkat semua penyumbatan pada sungai ini," tuturnya.

(eva/eva)