Prajurit Kostrad Stroke hingga Lumpuh Usai Disengat 8 Tawon Ndas

Audrey Santoso - detikNews
Senin, 01 Mar 2021 19:07 WIB
Prajurit Kostrad TNI AD, Kopka Ade Casmita
Foto: Tangkapan layar Youtube TNI AD
Jakarta -

Kopral Kepala (Kopka) Ade Casmita mengalami kelumpuhan pasca-disengat tawon ndas saat bertugas. Kopka Ade Casmita adalah anggota Armed Kostrad TNI Angkatan Darat (AD).

Kini Kopka Ade hanya bisa terbaring di tempat tidur dan duduk di kursi roda. Usai tak berdaya, Kopka Ade dirawat oleh istri dan ketiga anaknya di Subang, Jawa Barat (Jabar), mereka bertahan hidup dengan menjual cemilan seblak.

"Pulang latihan di Ambal, bawa Armed 10," ujar Kopka Ade dengan terbata-bata saat soal awal mula dirinya sakit kepada Kolonel Arm Anang Krisna, seperti yang dilihat detikcom di akun Youtube resmi TNI AD, Senin (1/3/2021).

Kopka Ade menceritakan semula dirinya mendampingi latihan penembakan rudal di Ambal, Kebumen, Jawa Tengah (Jateng). Dia lalu memasang salah satu alat di atas tower komunikasi.

"Berangkat latihan dari Resimen kita, 3 batalyon. Bawa astros yang terbaru semua. Latihan penembakan rudal, makanya saya pasang repeater. Begitu pasang repeater, (di ketinggian) 70 meter, tower Telkom itu," cerita Ade.

Saat itu dia melihat sarang tawon ketika hendak berpihak di atas tower. Dia pun berinisiatif menjatuhkan sarang tawon, agar dirinya aman berada di atas tower.

"Begitu sampai atas, dipijakan itu ada tawon ndas, tawon ndas yang besar itu. Saya pikir kalau (sarang tawon ndas) nggak saya jatuhin, saya jatuh sendiri nanti. Makanya saya pegang sarangnya itu, saya jatuhin," sambung dia.

Setelah menjatuhkan sarang tawon ndas tersebut, seingat Ade, ada 8 ekor tawon ndas menyerangnya. "Tahu-tahu (tawon ndas) ngeroyok, ada sekitar 8 ekor lah. Entupan (sengatan) itu di kepala, badan," ucap dia.

Tonton juga Video: Gerombolan Tawon Jadi Ancaman Dunia Penerbangan

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2