Prajurit Kostrad Stroke hingga Lumpuh Usai Disengat 8 Tawon Ndas

Audrey Santoso - detikNews
Senin, 01 Mar 2021 19:07 WIB
Prajurit Kostrad TNI AD, Kopka Ade Casmita
Foto: Tangkapan layar Youtube TNI AD

Meski disengat 8 ekor tawon ndas, Ade masih berupaya turun dari tower dengan selamat. Setelah itu Kopka Ade merasa tak enak badan.

"Sebenarnya sudah nggak fit, cuma dia memaksakan karena tugas. Karena posisi Bapak (Kopka Ade) nggak bisa gantiin lagi sama orang," timbal Rita, Istri dari Kopka Ade.

"Mau saya bawa ke Kesdim, 'Ayo kita berobat', karena badannya sudah nggak enak. 'Ah nggak ah, nanti aja' (Rita menirukan omongan Kopka Ade kala itu-red). Tahunya bangun tidur sudah nggak bisa apa-apa, Bapak. Dia (Kopka Ade) teriak-teriak, 'Kok saya nggak bisa (gerak)'," imbuh Rita.

Prajurit Kostrad TNI AD, Kopka Ade CasmitaFoto: Prajurit Kostrad TNI AD, Kopka Ade Casmita (Tangkapan layar Youtube TNI AD)

Kopka Ade mengalami stroke mendadak. Peristiwa itu terjadi 4 tahun silam.

Kolonel Anang yang merupakan atasan Kopka Ade memberi semangat dengan menyebut Ade adalah kebanggaan pasukannya. Mendengar hal itu, Ade pun menangis.

"Tapi De, ya, harta terbesar yang kamu milki itu: satu, kamu masih punya militansi yang kuat, semangat, semangat untuk hidup, semangat untuk sehat. Yang kedua, kamu masih punya banyak teman, banyak teman, pokoknya kalau kita bilang Ade Casmita itu, pokoknya dalam bayangan kita itu prajurit yang nggak pernah menolak perintah," ungkap Kolonel Anang yang disambut tangis Kopka Ade.

Halaman

(aud/tor)