Dilaporkan Istri ke Polda Metro, Antonius Kosasih Bantah Ada KDRT

Herianto Batubara - detikNews
Senin, 01 Mar 2021 19:06 WIB
Direktur Utama PT Transportasi Jakarta A.N.S Kosasih saat berkunjung ke kantor detikcom, Rabu (29/4/2015). Reno/detikcom.
ANS Kosasih (Reno Hastukrisnapati Widarto/detikcom)
Jakarta - Dirut salah satu perusahaan pelat merah, Antonius Nicholas Stephanus Kosasih, dipolisikan oleh istrinya, RL, ke Polda Metro Jaya atas dugaan tindakan kekerasan psikis dalam rumah tangga (KDRT). Antonius menolak tegas dituding melakukan kekerasan.

Hal ini disampaikan oleh kuasa hukum Antonius Kosasih, Helmi SH, dalam rilis resmi yang diterima detikcom, Senin (1/3/2021). Dalam rilis tersebut, Antonius Kosasih membantah kelah melakukan KDRT kepada istrinya sendiri.

Antonius Kosasih juga menyesalkan masalah ini. Menurutnya, apa yang terjadi ini adalah persoalan internal keluarga, dan tidak seharusnya menjadi konsumsi publik.

"Sebagai manusia biasa saya juga mengalami masalah dalam keluarga, yang sebenarnya semua itu merupakan privasi kami dan bukan konsumsi publik," kata Antonius.

Terkait pelaporan ke Polda Metro Jaya, Antonius Kosasih mengaku akan mengikuti proses hukum yang berjalan. Dia meminta masyarakat mendoakan agar persoalan pribadi ini bisa segera diselesaikan.

"Saya akan ikuti proses hukum yang berjalan. Namun terkait KDRT saya menolak tegas. Terbukti dalam video yang beredar luas tidak ada pemukulan dari saya, justru sebaliknya," ungkap Antonius.

Helmi menyatakan kliennya saat ini tengah mencari solusi bersama dalam proses penyelesaian persoalan yang tengah terjadi.

"Karena itu, klien saya dan istrinya sedang mencari solusi bersama dimana sekarang mereka dalam proses penyelesaian persoalan ini," kata Helmi.

Terkait KDRT yang dituduhkan, Helmi mengatakan kliennya menolak dengan tegas. Menurutnya, hal ini dapat dibuktikan dengan bukti-bukti yang mereka miliki, namun tentunya tidak pantas untuk disampaikan ke publik.

Antonius Nicholas Stephanus Kosasih dipolisikan oleh istrinya, RL, ke Polda Metro Jaya atas dugaan tindakan kekerasan psikis dalam rumah tangga (KDRT).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus membenarkan adanya laporan terhadap Kosasih. Pihaknya telah menerima laporan tersebut pada Jumat (26/2).

Laporan RL itu tertuang dengan nomor bukti laporan polisi LP/1117/II/YAN.2.5/2021 SPKT PMJ, tanggal 26 Februari 2021. Pelapor dalam laporan tersebut tertera atas nama RL sedangkan terlapor tertulis bernama Antonius Nicholas Stephanus Kosasih.

Adapun dugaan KDRT itu terjadi di sebuah apartemen di kawasan Jakarta Selatan.

Korban melaporkan terlapor atas dugaan tindakan KDRT. Antonius Nicholas Stephanus Kosasih dilaporkan atas dugaan pelanggaran Pasal 45 UU Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga.

Menurut Yusri, penyidik saat ini tengah mempelajari laporan tersebut. Kasus tersebut kini ditangani di Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya.

"Iya, kita dalami dulu, kita pelajari LP-nya," imbuh Yusri.

Lihat juga Video: Motif Pelaku KDRT

[Gambas:Video 20detik]



(hri/fjp)