Heboh, Pemulung Temukan Mortir di Kali Cipinang Jaktim Saat Cari Besi

Karin Nur Secha, Yogi Ernes - detikNews
Senin, 01 Mar 2021 18:18 WIB
Tim Gegana mengamankan mortir yang ditemukan warga di Kali Cipinang, Jaktim. Foto dikirim Kapolsek Jatinegara Kompol Yusup Suhadma
Tim Gegana mengamankan mortir yang ditemukan warga di Kali Cipinang, Jaktim. (dok. Istimewa)
Jakarta - Warga dihebohkan oleh penemuan sebuah benda diduga mortir. Benda itu ditemukan oleh salah seorang pemulung di Sungai Cipinang, Jakarta Timur.

Anggota Lembaga Musyawarah Kelurahan RW 02, Cipinang Besar Selatan, Nobby, mengatakan mortir ditemukan saat pemulung tersebut sedang mencari barang rongsokan. Benda ditemukan sekitar pukul 15.00 WIB sore tadi.

"(Sekitar jam) 15.00 WIB, yang pertama nemuin dari orang pemulung besi tua di kali, tadinya ada di tengah, lalu dia pinggirkan, karena dikira besi biasa," kata Nobby saat dihubungi detikcom, Senin (1/3/2021).

Nobby menuturkan, pemulung itu bernama Yuri Supriadi, yang juga diketahui sebagai warga Cipinang. Nobby mengaku mengetahui peristiwa penemuan mortir tersebut melalui laporan dari RT setempat yang kemudian diteruskan ke pihak kepolisian.

"Dia (pemulung) warga RW lain, RW 06 namanya Yuri Supriadi. (Laporan) Dari pengurus RT (lapor) ke saya LMK, Babinsa, sama Babinmas Polsek," tuturnya.

Tim Gegana mengamankan mortir yang ditemukan warga di Kali Cipinang, Jaktim. Foto dikirim Kapolsek Jatinegara Kompol Yusup SuhadmaPenampakan mortir yang ditemukan di Kali Cipinang, Jaktim (dok. Istimewa)

Nobby menyampaikan, ukuran benda itu kurang dari satu meter dengan berat sekitar 40-70 kg. Kondisi benda pada bagian belakang penyok. Saat ini benda tersebut sudah diamankan tim Gegana Polda Metro Jaya.

"(Ukuran) sekitar 50-70 cm, beratnya antara 40-70 kg. Tapi tadi yang ngamanin Gegana. Sudah dibawa Gegana Polda Metro. (Tim Gegana datang) Sekitar jam 17.15 WIB," ucapnya.

Penemuan mortir ini dibenarkan oleh Kapolsek Jatinegara Kompol Yusup Sudahma. Warga mengira bahwa yang ditemukan adalah besi biasanya, ternyata berupa mortir.

"Iya jadi warga yang biasa sehari-hari nyari besi di pinggir kali, paku-paku itu alatnya menggunakan besi, itu kan kalau pakai itu nempel. Nah, ini nempelnya berat katanya. Begitu diangkat, ternyata mortir," kata Yusup saat dihubungi terpisah.

Simak Video: 8 Mortir Ditemukan Terpendam di Ladang Jagung Ponorogo

[Gambas:Video 20detik] (mea/mea)