Golkar Usulkan PAW Ketua DPRD Usai Kalah di Pilwalkot Cilegon

M Iqbal - detikNews
Senin, 01 Mar 2021 15:29 WIB
Rapat Paripurna Usulan Pemberhentian Ketua DPRD Kota Cilegon
Rapat Paripurna Usulan Pemberhentian Ketua DPRD Kota Cilegon (M. Iqbal/detikcom)
Cilegon -

Partai Golkar mengganti Ketua DPRD Kota Cilegon setelah kalah di Pilwalkot Cilegon 2020. Isro Miraj diusulkan jadi pengganti Endang Effendi sebagai Ketua DPRD Kota Cilegon.

Pengumuman pergantian pimpinan DPRD Kota Cilegon fraksi Partai Golkar diketahui dalam rapat paripurna 'Usul Pemberhentian Ketua DPRD Kota Cilegon Masa Jabatan 2019-2024 dan Peresmian Pengangkatan Calon Ketua DPRD Sisa Masa Jabatan 2019-2024'.

"Sesuai Pasal 50 Tata Tertib DPRD Kota Cilegon bahwa Partai Golkar telah mengajukan pergantian pimpinan DPRD dari Saudara Endang Effendi kepada Saudara Isro Miraj sebagai calon Ketua DPRD yang nanti ditetapkan melalui peripurna DPRD Cilegon yang nantinya akan diserahkan ke Gubernur Banten," kata Wakil Ketua DPRD Cilegon Nurrotul Uyun saat memimpin rapat paripurna, Senin (1/3/2021).

DPP maupun DPD Partai Golkar telah mengirimkan surat pergantian antarwaktu (PAW) pimpinan DPRD ke Sekretariat DPRD Cilegon. Surat itu pun sudah diterima Wakil Ketua DPRD sehingga diberlangsungkan rapat paripurna.

"Diselenggarakannya rapat paripurna ini adalah diterimanya surat DPP partai Golkar tertanggal 15 Februari 2021 perihal pergantian antarwaktu pimpinan DPRD Kota Cilegon," kata Uyun.

Usulan pergantian Ketua DPRD ini akan dikirimkan ke Gubernur Banten. Nantinya paripurna dan pelantikan akan dilaksanakan setelah surat dari Gubernur Banten diterima DPRD.

Seperti diketahui, Partai Golkar, yang mengusulkan petahana Ratu Ati Marliati-Sokhidin, kalah dalam Pilwalkot Cilegon 2020. Golkar, yang sudah 3 periode memegang tampuk pimpinan eksekutif di Cilegon, tumbang oleh Helldy Agustian-Sanuji Pentamarta, yang diusung PKS dan Berkarya.

(bal/maa)