HUT Damkar ke-102, Anies Puji Petugas Sedot Genangan Melimpah di Perkampungan

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 01 Mar 2021 13:28 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hadiri HUT Dinas Gulkarmat ke-101 Provinsi DKI Jakarta. Ia menjadi inspektur upacara di acara itu.
Foto: Anies Baswedan (Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta hari ini memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-102. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyampaikan ucapan selamat melalui akun Instagram-nya.

Dalam ucapan itu, Anies memuji kinerja petugas Damkar dari mulai menangani kebakaran hingga banjir. Dia menyebut, petugas damkar melakukan penyedotan genangan di perkampungan.

"Siap siaga untuk apa? melaksanakan panggilan tugas, berani menghadapi tantangan termasuk berani menghadapi jago merah. Semua dilakukan dengan penuh keseriusan dengan keberanian, melakukan evakuasi saat banjir, melakukan penyedotan genangan, disaat ada genangan melimpah di kampung-kampung, menangani dan ikut mencegah COVID-19," kata Anies Baswedan dalam video singkat di akun Instagram-nya, Senin (1/3/2021).

Tak hanya itu, Anies juga menyoroti personel kerap mengemban tugas yang tak terduga, mulai dari menangkap ular hingga melepaskan cicin yang tersangkut dari jari. Semua ini, sebut Anies, dilakukan secara ikhlas dan penuh dedikasi tinggi.

"Para petugas mengerjakan yang sering tak terbayangkan, termasuk di antaranya penanganan hewan liar, menangkap ular, menyelamatkan benda benda dari ketinggian bangunan, termasuk menyelamatkan orang orang dari bangunan runtuh bahkan ada yang unik, dipanggil dimintai tolong untuk melepaskan cincin dari jari. Segala jenis pertolongan yang dibutuhkan warga, petugas siap. Saya sampaikan apresiasi," katanya.

Menurut Anies, petugas damkar tak perlu malu dengan profesi yang diembannya. Sekali lagi ia mengapresiasi atas kerja keras personel damkar selama ini.

"Dan jangan pernah merasa malu menjadi seorang petugas pemadam kebakaran. Ini adalah sebuah kehormatan, ini adalah sebuah tugas mulia, ini profesi yang memberikan pesan pengabdian luar biasa. Di saat terjadi bencana, orang beramai-ramai menjauhi titik bencana. Tapi petugas beramai-ramai mendatangi untuk menyelesaikan," ucapnya.

Lihat juga video 'Dramatis! Aksi Damkar Gagalkan Percobaan Bunuh Diri':

[Gambas:Video 20detik]



(man/man)