Pimpinan-Dewas KPK Akan Hadiri Pemakaman Artidjo Alkostar di UII Yogya

Farih Maulana Sidik - detikNews
Senin, 01 Mar 2021 08:29 WIB
Artidjo Alkostar
Artidjo Alkostar (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Jenazah anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK Artidjo Alkostar akan dimakamkan di Kompleks Pemakaman Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta hari ini. Pimpinan KPK, ketua, hingga anggota Dewas KPK dijadwalkan menghadiri prosesi pemakaman.

"Pimpinan KPK, ketua, dan anggota Dewas KPK serta beberapa pejabat struktural KPK lainnya diagendakan hadir dalam prosesi pemakaman tersebut," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, kepada wartawan, Senin (29/2/2021).

Jenazah Artidjo Alkostar diberangkatkan dari RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, sekitar pukul 20.00 WIB, kemarin malam. Jenazah akan disemayamkan lebih dulu di Kampus UII Yogyakarta.

"Jenazah akan langsung disemayamkan di Auditorium Prof Abdul Kahar Muzakkir Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia (UII)," ucap Ali.

Prosesi pemakaman oleh pihak Rektorat UII bakal digelar pada pukul 10.00 WIB nanti. Jenazah bakal disalatkan di Masjid Ulil Albab UII dan dimakamkan di Kompleks Pemakaman UII, Kampus Terpadu UII, Sleman, Yogyakarta.

Sebelumnya, kabar duka datang dari dunia hukum. Mantan Hakim Agung yang kini menjabat anggota Dewas KPK, Artidjo Alkostar, meninggal dunia.

Kabar ini disampaikan Menko Polhukam Mahfud Md lewat Twitter. Artidjo Alkostar meninggal pada Minggu (28/2).

"Kita ditinggalkan lagi oleh seorang tokoh penegak hukum yang penuh integritas. Mantan hakim agung Artidjo Alkostar yang kini menjabat sebagai salah seorang anggota Dewan Pengawas KPK telah wafat siang ini," tulis Mahfud.

"Inna lillah wainna ilaihi raji'un. Allahumma ighfir lahu," sambungnya.

Mahfud turut melepas kepergian Artidjo Alkostar di rumah duka. Dia mengatakan Artidjo Alkostar merupakan salah satu dosen yang menginspirasinya.

"Dulu dosen saya beliau di UII, Yogya. Dia menginspirasi saya, sehingga saya ikut menjadi dosen karena ada dosen yang hebat seperti Pak Artidjo, wah saya ingin jadi dosen juga," ujarnya saat ditemui di Apartemen Springhill Terrace Residence, Tower Sandalwood di Jl Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta, Minggu (28/2).

Simak video 'Ketua KPK Berduka atas Kepergian Artidjo: Beliau Panutan Kami!':

[Gambas:Video 20detik]



(fas/haf)