5 Keteladanan Artidjo Alkostar, Sosok yang Bikin Koruptor Gentar

ADVERTISEMENT

Round-Up

5 Keteladanan Artidjo Alkostar, Sosok yang Bikin Koruptor Gentar

Tim detikcom - detikNews
Senin, 01 Mar 2021 07:33 WIB
Anggota Dewan Pengawas KPK Artidjo Alkostar bersiap mengikuti upacara pelantikan Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK di Istana Negara, Jakarta, Jumat (20/12/2019). Presiden Joko Widodo resmi melantik lima orang Dewan Pengawas KPK periode 2019-2023 yaitu Artidjo Alkostar, Harjono, Syamsuddin Haris, Tumpak Hatorangan Panggabean dan Albertina Ho. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj.
Foto: Anggota Dewan Pengawas KPK, Artidjo Alkostar (Antara Foto)

5. Galak Terhadap Koruptor

Sosok Artidjo Alkostar dikenang sebagai sosok hakim agung yang kerap memperberat vonis para koruptor.

"Artidjo Alkostar adalah hakim agung yang dijuluki algojo oleh para koruptor," kenang Menko Polhukam Mahfud Md lewat cuitan di Twitter, Minggu (28/2/2021).

Mahfud menceritakan Artidjo Alkostar tak ragu menjatuhkan vonis berat kepada para koruptor. Keputusan itu diambil tanpa mempedulikan siapa di belakang para koruptor itu.

"Dia tak ragu menjatuhkan hukuman berat kepada para koruptor tanpa peduli pada peta kekuatan dan back up politik," katanya.

Kini, Hakim dengan integritas tinggi itu telah pergi. Kabar duka ini disampaikan Mahfud Md, lewat Twitter. Artidjo meninggal siang ini.

"Kita ditinggalkan lagi oleh seorang tokoh penegak hukum yang penuh integritras. Mantan hakim agung Artidjo Alkostar yang kini menjabat sebagai salah seorang anggota Dewan Pengawas KPK telah wafat siang ini," tulis Mahfud Md, Minggu (28/1/2021).

Jenazah Artidjo dibawa ke Rumah Sakit (RS) Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur. Mahfud mengatakan jenazahnya akan dimakamkan di Situbondo.


(rdp/rdp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT