Kiai NU Cerita Candaan Ahok soal Band 'Narapidana Binaan' Usai Bebas

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 28 Feb 2021 19:04 WIB
Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok meluncurkan buku Panggil Saya BTP di Gedung Tempo, Palmerah, Jakarta Selatan, Senin (17/2/2020).
Basuki Thajaha Purnama (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Komisaris Utama BUMN, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) hadir dalam acara milad ke-9 Pondok Pesantren Motivasi Indonesia secara virtual. Ahok mengisi diskusi yang bertema 'Pandemi dan Geliat Kemandirian Pesantren'.

Di sela diskusi ada candaan yang dilontarkan Kiayi NU kepada Ahok. Ketua Divisi Usaha LD-PBNU, KH. Ahmad Nurul Huda Haem, mengatakan Ahok jadi 'Nabi' usai dipenjara.

"Saya mau komentari dulu, Pak Ahok ini gagasan-gagasannya kan luar biasa sekali tadi yang disampaikan beliau itu ya, jadi rasanya tidak salah kalau beliau sejak keluar dari Mako Brimob jadi 'nabi'," kata Nurul Huda.

"Ini saya yang ngomong jadi aman aja Pak Ahok," sambungnya.

Dia mengatakan Ahok pernah ini membuat kelompok musik bernama 'nabi band'. Namun, nabi dalam hal ini merupakan singkatan dari narapidana binaan.

"Tapi ini bercandannya beliau, becandaannya beliau bahwa beneran jadi nabi bahkan katanya pengin bikin band namanya nabi band, saya tanya waktu itu, 'Pak Ahok ini nabinya nabi apa ini', kata beliau (Ahok), narapidana binaan," ujarnya.

Sontak candaan itu pun membuat semua narasumber tertawa.

"Itu udah dapat ciri NU-nya , karena ciri NU selain pintar dan suka bercanda gitu," sambung Nurul Huda lagi.

"Itu diajarin Gusdur itu," Ahok menimpali.

"Gusdur sebagai guru yang mengajarkan canda itu," jawab Nurul Huda.

"Tapi bercanda kelewatan bisa masuk kuliah lagi, hati-hati nggak boleh banyak bercanda," timpal Ahok lagi.

Dalam acara ini, Ahok juga sempat mengusulkan agar para santri diajarkan berbisnis untuk menghidupkan kemandirian ekonomi. Ahok lalu mengambil contoh Nabi Muhammad yang juga berdagang selain berdakwah.

Dalam menyinggung Nabi Muhammad, Ahok memberikan disclaimer, dia berharap tidak diartikan negatif.

"Saya berfikir Nabi Muhammad dulu juga bukan cuma dakwah ya, beliau juga dagang gitu lho. Ini jangan dipersoalkan ini, jadi nanti saya dikira nafsirkan nabi, ribut lagi nanti, saya mohon maaf ini. Saya bikin disclaimer dulu ini," ujarnya.

"Jadi para santri ini dilatih bisnis, dilatih berbahasa Inggris dengan baik, mengerti tentang saham, ini menarik," sambung Ahok.

Simak video 'Dibecandain Kiayi NU, Ahok Jadi 'Nabi' Selepas Dipenjara':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/imk)