Pemotor Ditendang Paspampres karena Menerobos, Ini Area yang Masuk Ring 1

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 28 Feb 2021 12:33 WIB
Jakarta -

Viral video di media sosial yang menunjukkan rombongan pemotor dilumpuhkan Paspampres saat melintasi kawasan Ring 1 Istana Negara. Ada beberapa lokasi yang termasuk kawasan Ring 1. Hal ini sudah diatur dalam Peraturan Menteri Sekretaris Negara.

Diketahui pada Minggu (21/2) rombongan komunitas pemotor Sunday Morning Riding (Sunmori) diberhentikan dan dilumpuhkan oleh Paspampres saat melintasi Jl Veteran III, Jakarta Pusat. Rombongan pemotor tersebut dihentikan karena menerobos jalan yang ditutup dan tengah dilakukan instalasi pengamanan VVIP.

"Anggota Paspampres yang sedang melaksanakan tugas pengamanan instalasi di Kantor Wapres terpaksa melumpuhkan pengendara motor/komunitas motor yang sedang melaksanakan Sunday Morning Riding (Sunmori) karena memaksa menerobos Jalan Veteran III yang ditutup oleh pembatas jalan (cones)," kata Komandan Pasukan Pengaman Presiden (DanPaspampres), Mayjen TNI Agus Subiyanto, saat dikonfirmasi, Jumat (26/2/2021).

Jalan Veteran III merupakan kawasan Ring 1, yang bersebelahan dengan kantor Wakil Presiden. Aturan kawasan Ring 1 ini tertuang dalam Peraturan Menteri Sekretaris Negara Nomor 14 Tahun 2016 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban di Lingkungan Kementerian Sekretariat Negara.

Dalam Bab II tentang Ruang Lingkup Pengamanan dijelaskan bahwa objek yang diamankan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dibantu oleh Bagian Ketertiban dan Keamanan Dalam (Tibkamdal).

Sekretariat Presiden dan Bagian Kendaraan dan Keamanan Dalam (BKKD) Sekretariat Wakil Presiden meliputi Kompleks Istana Presiden dan Istana Wakil Presiden.

Berikut ini area yang masuk Ring 1:

a. halaman kompleks Istana Kepresidenan Jakarta;
b. Istana Merdeka;
c. Istana Negara;
d. Gedung Kantor Presiden;
e. Gedung Kantor Staf Presiden;
f. Wisma Negara;
g. Gedung Kantor Sekretariat Presiden;
h. Istana Wakil Presiden; dan
i. Gedung Kantor Sekretariat Wakil Presiden.

Selanjutnya
Halaman
1 2