Angin Kencang, Pohon Tua-Tiang Listrik Depan RS Tentara Kota Ambon Tumbang

Muslimin Abbas - detikNews
Sabtu, 27 Feb 2021 20:41 WIB
Pohon Beringin tua di Kota Ambon tumbang akibat angin kencang
Pohon beringin tua di Kota Ambon tumbang akibat angin kencang. (Muslimin Abbas/detikcom)
Ambon -

Angin kencang membuat satu pohon beringin tua tumbang hingga merusak trotoar di Kota Ambon, Maluku. Selain itu, tercatat tiga tiang listrik tumbang.

Pantauan di Jalan Dr Latumeten, Kota Ambon, Sabtu (27/2/2021), pohon beringin besar yang tumbang menutup ruas jalan, tepatnya di depan Rumah Sakit Tentara (RST) Ambon. Angin kencang ini terjadi sore tadi.

Kurang-lebih satu jam setelah pohon tumbang, petugas Suku Dinas Pemadam Kebakaran Kota Ambon datang ke lokasi membawa alat potong. Meskipun telah tiba di lokasi, petugas tidak bisa langsung memotong batang pohon lantaran menunggu pihak PLN mematikan aliran listrik.

Polisi melarang mendekati lokasi pohon dan tiang listrik yang roboh. Seorang saksi mata, Basri Elly, menceritakan yang berada di RST Ambon mengatakan tiba-tiba datang angin kencang saat hujan. Dia lalu mendengar suara gemuruh yang ternyata berasal dari pohon tumbang.

"Saya ada di dalam rumah sakit, tiba-tiba angin kencang, ada suara gemuruh. Ada yang menyampaikan ada pohon besar tumbang, tiba-tiba lampu mati di dalam kamar," cerita Basri Elly kepada wartawan.

Tumbangnya tiga tiang listrik mengakibatkan aliran listrik di permukiman warga sekitar kawasan Mangga Dua, Nusaniwe, Kota Ambon putus. Manajer PLN ULP Ambon Kota, Stefanus Topan Wijaya, yang datang ke lokasi memprediksi listrik kembali tersambung 5 jam setelah petugas menyelesaikan proses evakuasi pohon beringin.

"Pohon tumbang kena jaringan kita, menyebabkan kabel putus dan (listrik) padam. Beberapa jalur ada padam. Untuk sekarang sebagian sudah dimanuver, jadi 4 trafo sementara ada padam, menunggu perbaikan jaringan sini. Estimasi 4 atau 5 jam setelah pohon ini dibersihkan," jelas Stefanus.

Petugas masih mengevakuasi batang pohon beringin untuk membuka akses jalan. Sementara itu, polisi lalu lintas melakukan pengalihan arus kendaraan. Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Pohon Beringin tua di Kota Ambon tumbang akibat angin kencangPohon beringin tua di Kota Ambon tumbang akibat angin kencang (Muslimin Abbas/detikcom)
(aud/aud)