Pemprov DKI Bangun Agrowisata di Lanud Halim, Wagub: Untuk Edukasi Anak-anak

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Sabtu, 27 Feb 2021 19:29 WIB
Wagub DKI Jakarta Riza Patria hadiri groundbreaking agrowisata di Kawasan Lanud Halim Perdanakusuma
Groundbreaking agrowisata di kawasan Lanud Halim Perdanakusuma (Azhar Ramadhan/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta akan membangun agrowisata di kawasan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Tempat wisata itu ditujukan untuk mengedukasi anak-anak.

Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria menghadiri langsung proses groundbreaking hari ini, Sabtu (27/2/2021). Riza juga didampingi oleh Danlanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Purwoko Aji Prabowo dan Wali Kota Jakarta Timur M Anwar.

"Ya teman-teman, hari ini saya bersama Danlanud Pak Purwoko dan jajaran Pak Wali melaksanakan kegiatan groundbreaking di sini, di area Halim. Ini milik TNI AU seluas kurang-lebih 6,5 hektare akan kita bangun agro edu wisata. Jadi satu rangkaian tempat wisata khusus bagi anak-anak kita agar dapat menikmati proses agrowisata dan edukasi ini," ujar Wagub Riza di lokasi kepada wartawan, Sabtu (27/2).

Wagub Riza menjelaskan apa saja yang bakal ada di agrowisata edukasi itu. Dia mengatakan anak-anak akan diajari bagaimana menanam padi hingga menanam singkong.

"Jadi nanti anak-anak akan melihat, merasakan langsung bagaimana caranya menanam padi, mulai membajak, menanam, sampai memanen. Bahkan nanti diajari bagaimana masak, memasak nasi, kemudian nanti ada singkong, menanam singkong, mencabut singkong, menggoreng singkong, keripik, dan sebagainya," ujarnya.

"Termasuk nanti bagaimana menanam bibit ikan, kemudian benihnya, kemudian menangkap ikan, memancing, juga nanti ternak, begitu, memberi makan dan sebagainya," tambahnya.

Menurut Riza, tempat agrowisata edukasi ini penting bagi anak-anak bangsa supaya anak-anak juga mengerti proses kehidupan yang alami dan ilmiah.

"Jadi ini proses rangkaian agro edu wisata, penting bagi anak-anak kita, agar mengetahui semua proses kehidupan yang ilmiah yang, yang alami, back to nature, kembali ke alam. Mudah-mudahan ini menjadi baik. Kita perlu memastikan bahwa anak-anak kita mendapatkan edukasi pendidikan yang baik, selalu bersama alam," jelasnya.

Lebih lanjut Riza menargetkan proses pembangunan ini akan selesai selama 6 bulan. Juga, rencananya akan agrowisata edukasi ini diharapkan juga ada selain di Jakarta.

"Insyaallah hari ini kita groundbreaking dan insyaallah akan selesai dalam 6 bulan ke depan. Dan ini nanti akan menjadi tempat yang terbaik kita usahakan menjadi contoh, mudah-mudahan tidak hanya Jakarta, insyaallah tempat-tempat lain juga bisa mengambil contoh kegiatan seperti ini," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2