Aksi Freestyle Ugal-ugalan Viral, Pemuda di Parepare Diamankan-Motor Disita

Hermawan Mappiwali - detikNews
Jumat, 26 Feb 2021 22:16 WIB
Seorang pria yang mengendarai motor melakukan aksi freestyle ugal-ugalan di jalan raya di Parepare, Sulawesi Selatan. Polisi pun mengamankan pemotor tersebut usai videonya viral di media sosial.
Foto: 20detik
Jakarta - Seorang pemuda di Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel), ditangkap polisi lalu lintas (polantas) setelah aksi freestyle ugal-ugalan terekam video dan viral di media sosial (medsos). Pelaku ditangkap tak kurang 24 jam setelah melakukan aksinya.

"Videonya viral itu jadi saya sampaikan anggota cari orangnya, alhamdulillah malamnya anggota dapat," kata Kasat Lantas Parepare AKP Saharuna Sahar saat dimintai konfirmasi detikcom, Jumat (26/2/2021).

Pelaku diamankan polisi di rumahnya di Kota Parepare, Kamis (25/2) malam, atau tak lama setelah pelaku melakukan aksinya. Pelaku sendiri telah diperbolehkan untuk pulang setelah diinterogasi polisi, namun kendaraan miliknya disita dan terancam ditilang.

"Solusinya pelaku dikasi pemahaman, seperti itu membahayakan dirimu sendiri sama orang lain, makanya motor Ditahan dan tentu akan kuat sanksi tilang," kata Sahar.

Selanjutnya, lanjut Sahar, sang pemuda akan diminta membuat surat pernyataan untuk tak mengulang aksinya di jalanan. Langkah tersebut diharap bisa menjadi pelajaran dan efek jera buat pelaku.

"Efek jeranya, kami akan suruh bikin surat pernyataan diketahui RT, RW, kemudian lurah, kalau perlu Danramil, kemudian Kapolsek, supaya ada efek jera adek-adek kita jangan sampai berbuat hal yang sama," kata Sahar.

Seperti dilihat detikcom, Jumat (26/2), dalam rekaman video yang viral, tampak pemuda berbaju kuning dan memakai celana pendek melakukan aksi freestyle ugal-ugalan di Jalan Lasinrang, Kota Parepare. Aksi ini tampak berbahaya karena dilakukan di tempat umum alias bukan pada tempatnya. (hmw/dwia)