Tinjau Lokasi Puting Beliung Ogan Ilir, Gubernur Sumsel Beri Bantuan

Yudistira Imandiar - detikNews
Jumat, 26 Feb 2021 21:43 WIB
Pemprov Sumsel
Foto: Dok. Pemprov Sumsel
Jakarta -

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru meninjau lokasi bencana puting beliung di tiga desa di Kecamatan Lubuk Keliat Kabupaten Ogan Ilir. Dalam tinjauan itu Herman turut memberikan bantuan paket sembako, tenda, pakaian, dan lainnya untuk para pengungsi.

"Saya juga merasakan apa yang dirasakan masyarakat dan turut prihatin atas bencana ini. Kita juga membawa bantuan untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak musibah ini. Namun yang harus diutamakan dalam musibah ini adalah keselamatan warga dan keberlangsungan pendidikan untuk anak-anak," ujar Herman dikutip dalam keterangan tertulis, Jumat (26/2/2021).

Herman menyampaikan Pemprov Sumsel akan membantu rekonstruksi rumah yang roboh akibat puting beliung melalui dinas terkait. Bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir.

"Selanjutnya bantuan untuk merekonstruksi rumah juga harus diberikan. Saya instruksikan Pemkab maupun dinas terkait, bantu pembangunan rumah bagi masyarakat yang terkena bencana ini. Lakukan investigasi agar kejadian serupa dapat diminimalisir," jelas dia.

Herman mengungkapkan akses menuju lokasi sulit untuk dilalui. Oleh sebab itu ia berencana membuka akses jalan menuju tiga desa tersebut sehingga dapat lebih mudah dijangkau.

Sebanyak 27 rumah yang tersebar di tiga desa di Kecamatan Lubuk Keliat Kabupaten Ogan Ilir, ambruk setelah diterjang angin puting beliung pada Selasa (23/2) malam. 18 rumah berada di Desa Lubuk Keliat, 8 rumah di Desa Ulak Kembahang dan satu rumah di Desa Embacang.

"Namun kita juga harus tetap bersyukur karena tidak ada korban dalam musibah ini. Jangan marah kepada tuhan karena ini ujian keimanan kita," imbuh Herman.

Herman mengatakan pihaknya akan membantu masyarakat untuk bangkit setelah tertimpa bencana. Dia pun meminta masyarakat lainnya turut andil memberikan motivasi untuk meringankan beban warga yang terkena bencana.

"Kejadian ini juga menjadi bukti jika silaturahmi kita selama ini berjalan baik. Antar masyarakat saling membantu setiap ada bencana seperti ini," sebut Herman.

Sementara itu, Plh Bupati Ogan Ilir Aufa Syahrizal menjelaskan saat ini masyarakat yang terdampak bencana tersebut sudah berada di pengungsian. Ia mengulas tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

"Rumah yang terdampak ini jaraknya berjauhan dan rata-rata berada di areal persawahan. Kondisi rumahnya ada yang rusak total dan ada juga yang rusak sebagian. Tidak ada korban jiwa dan warga sudah diungsikan ke tempat yang aman," urai Aufa.

(akn/ega)