Kunjungi Kampung Tangguh di Tangerang, Irjen Fadil Sapa Pasien COVID Via Zoom

Rahmat Fathan - detikNews
Jumat, 26 Feb 2021 17:05 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran Kunjungi Kampung Tangguh di 15 Kelurahan Bojong Nangka, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Jumat (26/2/2021).
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran Kunjungi Kampung Tangguh di 15 Kelurahan Bojong Nangka, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang. (Fathan/detikcom)
Kabupaten Tangerang -

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengunjungi Kampung Tangguh Jaya yang ada di RW 15 Kelurahan Bojong Nangka, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang. Fadil juga sempat menyapa warga yang isolasi mandiri melalui Zoom Meeting.

Pantauan detikcom, Fadil Imran dan sejumlah pejabat utama Polda Metro Jaya tiba di lokasi sekitar pukul 15.15 WIB, Jumat (26/2/2021). Turut menemani Dirnarkoba Polda Metro Jaya Kombes Mukti dan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, Kapolres Tangsel AKBP Iman Imanuddin serta Kapolsek Kelapa Dua AKP Muharam Wibisono.

Fadil Imran awalnya menuju ruang media informasi dan melihat-melihat data terkini penyebaran COVID-19 yang ada di RW 15 ini. Setelah itu, Fadil mengecek ruang isolasi mandiri dan menyapa warga yang isoman secara virtual.

"Ada yang mau disampaikan nggak, Bu?" tanya Fadil kepada seorang ibu, Anah, yang isolasi mandiri.

"Kita sekeluarga mengucapkan terima kasih atas segala bantuannya, support-nya Pak," jawab Anah.

Fadil lantas mendoakan para warga yang sedang menjalani isoman itu segera lekas sembuh. Fadil juga berharap warga saling membantu dalam menghadapi pandemi COVID-19.

"Doa kami semua yang ada di sini mendoakan semoga cepat sehat. Mudah-mudahan kebersamaan kita dalam menghadapi COVID ini bisa terus kita pelihara," kata Fadil.

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran Kunjungi Kampung Tangguh di 15 Kelurahan Bojong Nangka, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Jumat (26/2/2021).Irjen Fadil Imran menyapa warga yang isolasi mandiri melalui Zoom Meeting. (Fathan/detikcom)


Naik-Turun Angka COVID di Bojong Nangka

Kampung Tangguh Jaya di RW 15 Kelurahan Bojong Nangka, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, ini dinilai sukses dalam menekan angka COVID-19. Kasus COVID-19 di RW 15 yang sempat naik-turun.

"Tadi sudah dipaparkan kasusnya. Tadinya hanya 20, naik 25, 28, 29, kemudian turun, naik lagi jadi 33," tutur Fadil.

Dia menjelaskan, naiknya kasus COVID-19 itu lantaran pelaksanaan testing dan tracing yang massif. Namun saat ini kasus COVID-19 di RW 15 Kelurahan Bojong Nangka, Kelapa Dua, ini sudah mengalami penurunan.

"Terakhir kemarin ada 29 orang, hari ini mulai memperlihatkan penurunan. Sekarang turun tinggal 25, sembuh 4," ujar Fadil.

"Tadi yang sakit saya sudah melaksanakan Zoom, berdiskusi bagaimana soal makannya, obatnya. Alhamdulillah mereka mengatakan cukup senang karena dibantu gorong-royong warga dan pemerintah. Mudah-mudahan jadi contoh sehingga bisa dilaksanakan PPKM Mikro dengan pemberdayaan masyarakat," lanjut dia.

Perlu diketahui, Kampung Tangguh Jaya yang berada di RW 15, Bojong Nangka, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang ini merupakan binaan Ditresnarkoba Polda Metro Jaya. Selain di tempat ini, Ditresnarkoba Polda Metro Jaya membangun Kampung Tangguh Jaya di RW 08 Pondok Kacang Barat, Pondok Aren, Tangerang Selatan; dan RW 12 Pamulang Barat, Pamulang, Tangsel.

Program Kampung Tangguh Jaya ini digagas oleh Irjen Fadil Imran. Sudah ada ratusan Kampung Tangguh di Jadetabek, khususnya di wilayah zona merah COVID-19. Strategi Kampung Tangguh ini untuk menekan penyebaran COVID-19 dengan upaya 3T hingga membangun ketahanan pangan.

Lihat juga Video: Kapolda Metro: Saya Minta Maaf soal Penembakan ke Anggota TNI

[Gambas:Video 20detik]

(mea/fjp)