Resmi Dilantik, Bupati Terpilih di Jambi Akan Fokus Benahi Pertanian-Infrastruktur

Ferdi Almunanda - detikNews
Jumat, 26 Feb 2021 14:39 WIB
Bupati dan Wakil Bupati terpilih Batanghari Jambi (Ferdi Almunanda/detikcom)
Bupati dan Wakil Bupati terpilih Batanghari, Jambi (Ferdi Almunanda/detikcom)
Jakarta -

Pasangan Fadhil Arief-Bakhtiar resmi dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Batanghari, Jambi, hari ini. Setelah dilantik, Fadhil mengaku akan selalu berkomitmen bersama pasangannya, yakni Bakhtiar, agar fokus membenahi daerahnya.

"Kita harus selalu komitmen bersama-sama dan itu harus, karena untuk membenahi Kabupaten Batanghari ini harus selalu sama-sama. Kita berkaca pada pemimpin yang lalu, di mana bupati dan wakilnya tidak harmonis. Maka kita harus mengubah itu," kata Fadhil saat ditemui detikcom seusai pelantikannya, Jumat (26/2/2021).

Fadhil juga mengibaratkan bahwasanya bupati dan wakil bupati bagaikan pasangan suami-istri yang membina rumah tangga. Jika hubungan pasangan suami-istri itu selalu cekcok dan tidak harmonis, kehidupan rumah tangga akan kacau balau.

"Jadi kita akan tunjukkan kepada masyarakat dan kita akan ubah semuanya di mana waktu dulu suatu yang dipertontonkan antara hubungan pasangan bupati dan wakil bupati yang dulu tidak berjalan harmonis itu akan kita ubah. Kita ibaratkan pasangan bupati dan wakilnya ini bagaikan pasangan suami-istri. Jika suami-istri selalu cekcok, anak pasangan itu tidak akan terurus kan, itu dia," ujar Fadhil.

Selain itu, Fadhil akan selalu komitmen bersama wakilnya dalam membangun daerah Batanghari, Jambi. Menurutnya, program kerja utamanya setelah dilantik adalah persoalan sektor pertanian.

Baginya, sektor pertanian itu merupakan persoalan utama di daerahnya. Sebab, 82 persen masyarakat di Kabupaten Batanghari, Jambi, bekerja sebagai petani.

"Jadi itu yang jadi fokus kita lebih utama, bagaimana petani di Kabupaten Batanghari, Jambi, ini sektor pertaniannya optimal. Bahkan di tengah pandemi ini, jika dilihat dari secara keuntungan sektor pertanian juga lebih sedikit naik ya, di mana kita ketahui jika di persoalan pandemi ini, maka yang berkaitan dengan sektor primer, maka pertanian lebih diuntungkan, tetapi bagaimana nantinya sektor primer pertanian ini akan terus kita genjot produksinya," kata Fadhil.

Selain mengutamakan sektor pertanian, pasangan Fadhil-Bahktiar juga akan fokus terhadap infrastruktur jalan. Fadhil mengatakan infrastruktur di Kabupaten Batanghari harus diperbaiki agar semakin menunjang sektor pertanian.

"Kalau infrastrukturnya tidak baik, kan distribusi pertanian bisa terhambat, maka infrastruktur itu juga kita perbaiki," ujar Fadhil.

Selain itu, Fadhil mengatakan daerahnya memiliki keuntungan demografi. Nantinya, ia akan lebih memperhatikan SDM, khususnya kaum milenial, guna menunjang peningkatan mereka.

"Ini yang perlu juga kita siapkan SDM-nya. Nantinya akan kita buat divisi khusus yang menunjang peningkatan pendapatan anak-anak muda kita," ucap Fadhil.

Pasangan Fadhil Arief-Bakhtiar ini sebelumnya dilantik dan diambil sumpah jabatannya oleh Pj Gubernur Jambi Hari Nur Cahaya Murni di Rumdis Gubernur Jambi di Jalan Sultan Thaha, Kota Jambi. Selain pasangan Fadhil-Bakhtiar, Pj Gubernur Jambi juga melantik Bupati Tanjung Jabung Barat dan Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Jambi, Anwar Sadad-Hairan.

Pelantikan ini didasarkan pada Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor: 131.15-271 tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Hasil Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020 di Kabupaten-Kota Provinsi Jambi.

Simak juga Video: 26 Februari 2021, Pemerintah Mulai Lantik Kepala Daerah Terpilih

[Gambas:Video 20detik]



(hel/hel)