Sugiono Melayat ke Rumah Duka Mantan Penembak Mahir Kopassus: Dia Pahlawan

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 26 Feb 2021 13:05 WIB
Peltu (Purn) Robinu adalah penembak mahir di Kopassus. Almarhum berjasa dalam sejumlah operasi besar TNI
Anggota Komisi I DPR F-Gerindra, Sugiono, melayat ke rumah duka almarhum Peltu (Purn) Robinu. (Foto: dok. Gerindra)
Jakarta - Eks anggota Kopassus Peltu (Purn) Robinu tutup usia. Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Gerindra, Sugiono, menemui istri almarhum di Perumahan Kopassus, Kedayu, Depok, Jawa Barat.

Peltu (Purn) Robinu adalah penembak mahir di Kopassus. Almarhum berjasa dalam sejumlah operasi besar TNI, di antaranya pembebasan pesawat DC-9 Woyla Garuda Indonesia yang dibajak pada 28 Maret 1981 di Bangkok, yang kemudian menjadi dasar pembentukan satuan khusus Sat-18 Gultor Kopassus.

Sugiono menyampaikan duka dan kehilangan atas gugurnya Robinu. Sugiono, yang juga pernah aktif dalam kesatuan Baret Merah Kopassus, mengungkapkan kekagumannya terhadap almarhum atas kecakapan dan keberaniannya, bahkan sampai mendapat penghargaan Bintang Sakti dan Bintang Kartika Eka Paksi Nararya oleh Negara.

"Beliau bagi saya adalah pahlawan, beliau sudah berjuang demi bangsa dan negara ini, sehingga beliau menerima penghargaan tertinggi ini (Bintang Sakti)," kata Sugiono kepada istri almarhum Peltu (Purn) Robinu, seperti dituturkan dalam keterangan tertulis, Jumat (26/2/2021).

"Saya selaku perwakilan di DPR, juga keluarga besar Kopassus, turut berdukacita. Saya juga berharap Ibu diberi kesabaran, ketabahan, dan kesehatan sekeluarga," imbuh Waketum Gerindra ini.

Istri almarhum, Siti Monikah, mengatakan Robinu beberapa hari sebelum wafat masih baik-baik saja, bahkan masih rutin bersepeda. Namun pada Kamis (18/2), Robinu tidak mau makan dengan alasan merasa pahit.

"Bapak beberapa hari sebelumnya masih sepedaan, namun terakhir-terakhir saya heran kok pakai jaket, ternyata sudah sakit. Kamis sudah tidak mau makan karena pahit," tutur Siti Monikah.

Letkol (Purn) Robinu meninggal pada usia 73 tahun dan telah dimakamkan di TPU Mohdar Tapos dengan upacara pemakaman sederhana. (tor/fjp)