Ma'ruf Amin Targetkan Vaksinasi COVID-19 Capai 1 Juta Per Hari

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 25 Feb 2021 22:57 WIB
Wapres Maruf Amin
Wapres Ma'ruf Amin (dok. Setwapres)
Jakarta -

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan pemerintah menargetkan sebanyak 1 juta warga disuntik vaksin COVID-19 per hari. Target itu guna mencapai kekebalan komunitas atau herd immunity untuk mengendalikan pandemi Corona.

"Nah karena itu makin hari makin naik, makin hari makin naik, dan target kita adalah 1 juta per hari. Ini harus dicapai dan ini juga permintaan Presiden supaya itu diperoleh," kata Ma'ruf Amin dalam keterangan tertulis yang diterima dari Setwapres, Kamis (25/2/2021).

Ma'ruf mengatakan berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk mempercepat program vaksinasi COVID-19. Upaya itu seperti menyederhanakan prosedur registrasi, distribusi, dan data penerima vaksin.

Ma'ruf mengungkapkan jumlah vaksin COVID-19 juga akan ditambahkan, tidak hanya mengandalkan impor, tetapi juga mempercepat produksi vaksin yang dibuat di dalam negeri. Serta memperbanyak vaksinator dari TNI-Polri.

Selain itu, Ma'ruf menyebut pemerintah akan memperbanyak tempat vaksinasi, tidak hanya di rumah sakit (RS) pemerintah, tapi RS swasta pun dilibatkan, dan sejumlah tempat lain yang akan difungsikan.

"Bahkan di Jawa Barat itu bukan hanya puskesmas, tapi juga semacam pos-pos ya, gedung-gedung yang punya pemerintah itu digunakan untuk melakukan vaksinasi," jelasnya.

Ma'ruf Amin juga menyinggung soal vaksinasi mandiri. Dia berharap teknis vaksinasi COVID-19 segera dirampungkan.

"Dan memang kita sedang ingin coba mencari alternatif-alternatif untuk mempercepat tercapainya target itu," ungkapnya.

Lebih jauh, Ma'ruf menyinggung pihak yang menolak vaksinasi. Dia meyakinkan vaksinasi aman dan tidak memiliki efek samping yang berarti. Seperti yang pernah dialami Ma'ruf yang telah menerima vaksin COVID-19.

"Saya melihat yang antivaksin ini ya kayaknya makin hari makin kecil," ucap dia.

"Karena itu saya mengajak orang yang seusia dengan saya ini (untuk melakukan vaksinasi COVID-19), sekarang malah membeludak," ajaknya.

Ma'ruf juga mengingatkan masyarakat agar senantiasa menjaga protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak (3M).

"Menjaga diri itu dengan apa? Dengan 3M, dengan mematuhi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), dan dengan vaksinasi," terangnya.

(lir/jbr)