Round-Up

Juliari Tersangka, Wakil Rakyat PDIP Jadi Saksi di KPK

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 25 Feb 2021 19:24 WIB
Anggota DPR dari Fraksi PDI-Perjuangan, Rakyan Ihsan Yunus tiba di Gedung KPK Jakarta, Kamis (25/2/2020) untuk menjalani pemeriksaan. Ia diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Matheus Joko Santoso dalam perkara korupsi dana bansos.
Anggota DPR F-PDIP Ihsan Yunus saat menunggu di lobi KPK untuk menjalani pemeriksaan di kasus suap terkait bansos dalam penanganan COVID-19. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Penyidikan perkara penyuapan terkait bantuan sosial (bansos) COVID-19 di KPK mulai menyasar anggota DPR. Politikus dari PDIP, yaitu Ihsan Yunus, menjadi wakil rakyat pertama dari Senayan yang menjalani pemeriksaan sebagai saksi perkara itu.

Perkara ini menyentak saat KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) pada akhir tahun lalu, tepatnya pada Jumat, 4 Desember 2020. Saat itu KPK disebut menangkap pejabat dari Kementerian Sosial (Kemensos) berkaitan dengan bansos untuk COVID-19.

Berurutan lantas KPK menangkap pihak-pihak lain hingga diumumkan penetapan tersangka pada Minggu, 6 Desember 2020, pada pukul 01.03 WIB. Yang mengejutkan adalah sosok Juliari Peter Batubara, yang saat itu menjabat Menteri Sosial (Mensos) sebagai tersangka tetapi belum ditangkap KPK.

Total ada 5 tersangka, termasuk Juliari, yaitu sebagai berikut:

Diduga sebagai penerima:

1. Juliari Batubara (JPB) selaku Mensos
2. Matheus Joko Santoso (MJS) selaku pejabat pembuat komitmen di Kemensos
3. Adi Wahyono (AW)

Diduga sebagai pemberi:

1. Ardian IM (AIM) selaku swasta
2. Harry Sidabuke (HS) selaku swasta

Kurang dari dua jam ditetapkan sebagai tersangka, Juliari Batubara menyerahkan diri ke KPK. Proses hukum untuknya pun berlangsung.

Salah satu prosesnya pun sempat menjadi sejarah bagi KPK. Apa itu?

Simak video 'Penyuap Juliari Didakwa Beri Suap Masing-masing Rp 1,28 M dan Rp 1,95 M':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2