Dugaan Jual Beli Jabatan, Eks Kakanwil Kemenag Sumut Ditahan Kejati

Datuk Haris Molana - detikNews
Kamis, 25 Feb 2021 12:56 WIB
Kasipenkum kejatisu, Sumanggar Siagian (Ahmad Arfah-detikcom)
Kasipenkum Kejatisu, Sumanggar Siagian (Ahmad Arfah/detikcom)
Medan -

Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) menahan IZ, mantan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Sumatera Utara. IZ ditahan atas dugaan tindak pidana korupsi jual-beli jabatan.

"Ya benar. Jadi kemarin itu tim penyidik Kejati Sumut telah menahan dua tersangka yakni IZ, mantan Kakanwil Kemenag Sumut," kata Kasipenkum Kejatisu, Sumanggar Siagian, ketika dimintai konfirmasi, Kamis (25/2/2021).

Selain menahan IZ, petugas menahan ZA, Plt Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Mandailing Natal (Madina).

"Lalu, ZA, dia Plt Kepala Kantor Kemenag di Kabupaten Mandailing Natal," ujarnya.

Sumanggar mengatakan keduanya ditahan atas dugaan melakukan tindak pidana korupsi atas jual-beli jabatan pada 2019. Mereka ditahan sejak 23 Februari hingga 20 hari ke depan di rumah tahanan polisi (RTP) Polda Sumut.

"Mereka itu dugaannya tindak pidana korupsi atas jual-beli jabatan Kemenag di Provinsi Sumatera Utara. Ditahan sejak tanggal 23 Februari 2021 dan kita telah menitipkan ke rumah tahanan polisi yang ada di Polda Sumut. Selama 20 hari ke depan," ujar Sumanggar.

Sumanggar menuturkan, sebelum ditahan, keduanya telah ditetapkan sebagai tersangka. Lalu, mereka dipanggil hingga kemudian ditahan.

"Jadi mereka itu ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik. Setelah itu, mereka dipanggil untuk statusnya sebagai tersangka. Setelah mereka diperiksa, terus pertimbangan-pertimbangan penyidik, mereka langsung menahan," ujar Sumanggar.

Kata Sumanggar, keduanya disangkakan dengan Pasal 5 ayat 2 UU No 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Lihat juga Video: Kasus Korupsi DAK Sulbar, Kejati Amankan Rp 783 Juta

[Gambas:Video 20detik]



(mae/mae)