3 Tahun Jadi Buron, Wanita di Sulsel Gelapkan Mobil Rental Ditangkap

Hermawan Mappiwali - detikNews
Kamis, 25 Feb 2021 11:09 WIB
Wanita tersangka penipuan dan penggelapan ditangkap polisi (dok. Istimewa).
Wanita tersangka penipuan dan penggelapan ditangkap polisi (Foto: dok. Istimewa)
Palopo - Wanita bernama Susy Eka Dilli (41) di Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), ditangkap polisi atas aksi penipuan dan penggelapan uang tunai senilai Rp 50 juta dan sejumlah mobil rental. Susy sempat jadi buron selama 3 tahun sebelum ditangkap.

"Pelaku diamankan dalam perkara dugaan pidana penipuan dan/atau penggelapan," ujar Kapolres Palopo AKBP Alfian Nurnas kepada detikcom, Kamis (25/2/2021).

Pelaku ditangkap di sebuah rumah di Luwu Timur, Sulsel, sekitar pukul 02.00 Wita tadi. Alfian mengungkapkan pelaku kerap berpindah-pindah tempat, namun kali ini pihaknya berhasil melacak keberadaan pelaku di wilayah Kecamatan Tomoni, Luwu Timur.

"Setelah memastikan keberadaan pelaku, personel Unit Reskrim Polsek Wara bersama dengan Unit Reskrim Polsek Mangkutana Polres Luwu Timur melakukan penangkapan terhadap pelaku," tutur Alfian.

Menurut Alfian, pelaku setidaknya memiliki empat laporan polisi berbeda terkait aksi penipuan dan penggelapan. Salah satu laporan korban mengungkap bahwa pelaku pada 2019 meminjam uang tunai Rp 50 juta. Setelah uang diberikan, pelaku menghilang.

"Sekitar 2019 pelaku datang ke rumah korban meminjam uang Rp 50 juta untuk modal berdagang sayur dari Enrekang ke Toraja. Dan sampai batas waktu yang disepakati, korban menghubungi pelaku namun tidak ada itikad baik untuk mengembalikannya," tutur Alfian.

Pada laporan polisi lainnya, Susy juga disebut terlibat bersama sejumlah rekannya dalam aksi menggelapkan sejumlah mobil rental dengan cara menggadaikannya di Kota Palopo. Sejak saat itu, Susy kemudian menjadi buron polisi.

"Pelaku merupakan DPO dan pelaku merupakan residivis penggelapan mobil," katanya.

Akibat perbuatannya, pelaku terancam 4 tahun penjara hingga denda Rp 900 juta setelah dijerat polisi dengan Pasal 378 KUHPidana Subsider Pasal 372 KUHPidana. (hmw/nvl)