BMKG: 24 Jam Terakhir Hujan Lebat di Bogor, Hujan Sedang di Jakpus-Jakbar

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 25 Feb 2021 09:53 WIB
Ilustrasi hujan lebat
Ilustrasi hujan (Foto: iStock/Willowpix)
Jakarta -

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prediksi terkait hujan ekstrem di wilayah Jabodetabek kemarin. Namun BMKG mencatat tidak seluruh wilayah Jabodetabek turun hujan sampai hari ini.

Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Fachri Radjab mengatakan, dalam 24 jam terakhir, wilayah Bogor diguyur hujan dengan intensitas lebat.

"Prakiraan cuaca yang dirilis BMKG adalah untuk Jabodetabek, bukan hanya DKI. Dan selama 24 jam terakhir terpantau hujan dengan intensitas lebat di Bogor," kata Fachri ketika dihubungi, Kamis (25/2/2021).

Selain itu, wilayah DKI Jakarta memang tidak seluruhnya diguyur hujan. BMKG melaporkan hujan terjadi di Jakarta Pusat dan Jakarta Barat dengan intensitas sedang.

"Di Jakarta Pusat dan Jakarta Barat terpantau hujan dengan intensitas sedang dalam 24 jam terakhir," ujar Fachri.

Sebelumnya, BMKG mengungkap adanya fenomena siklon tropis yang bisa berdampak pada hujan lebat hingga ekstrem di sejumlah wilayah di Indonesia. BMKG meminta masyarakat di DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, hingga Jawa Barat waspada terkait potensi hujan ekstrem yang terjadi mulai malam ini hingga besok.

"Siklon tropis itu yang perlu diwaspadai karena dapat berdampak secara tidak langsung mengakibatkan intensitas hujan lebat hingga ekstrem, ekstrem di sini lebih dari 150 mm per jam," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam siaran pers yang disiarkan langsung di akun YouTube BMKG sekitar pukul 17.00 WIB, Rabu (24/2/2021).

Dwikorita mengatakan hujan lebat hingga ekstrem akibat siklon tropis ini akan terjadi mulai malam hari nanti. Kondisi hujan ekstrem ini diprediksi akan berlangsung hingga Kamis (25/2).

"Yang perlu diwaspadai dampak ini tidak terbatas terjadi di Jabodetabek saja, tetapi dampak ini hampir merata atau merata terutama di Banten, yaitu statusnya siaga banjir atau banjir bandang. Kemudian DKI Jakarta juga statusnya siaga mulai 25 Februari, mulai tanggal 25 Februari berarti besok, dan hujan lebat, hujan intensitas lebat dan ekstrem diprediksi akan mulai malam ini dan dini hari dan dapat secara menerus selama beberapa jam hingga besok malam," ucapnya.

"Jadi saya ulangi, dampak ini dapat berupa hujan lebat hingga ekstrem yang mulai turun malam hari atau dini hari nanti pukul 00.00 WIB, dan berlanjut beberapa jam hingga besok pagi dan masih menerus siang, sore, dan sampai malam hari, sehingga yang dikhawatirkan adalah intensitas lebat dan ekstrem dan menerusnya dari dini hari sampai besok malam hari," sambung Dwikorita.

Tonton video 'BMKG Waspada Potensi Hujan Ekstrem dalam 24 Jam ke Depan':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/knv)