Round-Up

Antisipasi Kerumunan Saat Vaksinasi di Tanah Abang Dilanjutkan

Rahmat Fathan - detikNews
Kamis, 25 Feb 2021 06:10 WIB
Vaksinasi COVID-19 mulai dilakukan kepada kelompok lansia di DKI Jakarta. Salah satu lokasi pemberian vaksin berada di Puskesmas Pondok Pinang, Jaksel.
Ilustrasi vaksinasi (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Vaksinasi Covid-19 pedagang di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, sempat dihentikan pada Selasa (22/2) lalu karena menimbulkan kerumunan antrean. Vaksinasi pedagang di Pasar Tanah Abang dilanjutkan kembali pada hari ini.

"Ditunda hari ini (kemarin-red)saja. Insyaallah (hari ini) mulai lagi," ujar Koordinator Pelaksana Vaksinasi Pedagang Pasar Tanah Abang, Siti Khalimah, saat dihubungi, Rabu (24/2/2021).

Animo para pedagang yang ingin divaksin cukup tinggi, menjadi salah satu penyebab kerumunan saat vaksinasi. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menyiapkan langkah-langkah antisipasi kerumunan.

Salah satunya dengan menyiapkan ruang tunggu tambahan (shelter). Ini dilakukan agar antrean vaksinasi berjalan tertib.

"Kita mau menyiapkan sarananya lagi. Jadi kita tuh mau menambah kayak shelter gitu loh. Jadi kayak ruang tunggu tambahan. Supaya nggak numpuk di bawah yang nunggu itu," ujar Siti saat dihubungi detikcom lewat sambungan telepon, Rabu (24/2/2021).

Siti menyampaikan pihaknya akan mengosongkan salah satu area parkir yang nantinya akan dijadikan sebagai shelter.

"Jadi nanti mereka nunggu di situ. Terus, kalau di bawah sudah kosong, kita akan panggil ke bawah," kata Siti.

Mekanisme Antrean Diubah

Kemenkes telah mengevaluasi kejadian kerumunan saat vaksinasi pedagang di Pasar Tanah Abang, Jakpus pada Selasa (22/2) lalu. Untuk mencegah kerumunan, pengambilan kupon dilakukan sehari sebelumnya.

"Hari ini kita coba cara baru, kuponnya tidak diedarkan karena orang pasar bingung juga kalau ngedarin kupon kan. Jadi kita buat pengumuman, kupon bisa diambil di lantai 12 di kantor pengelola pasar. Untuk pedagang lantai ini, diambil jam sekian, tanggal sekian, jadi diatur. Jadi hari ini (kemarin, red) mereka mulai ambil kupon nih," katanya.

Sehingga saat vaksinasi besok, para pedagang diharapkan datang dengan membawa kupon.

"Sehingga besok orang yang dateng itu diharapkan sudah bawa kupon. Tapi, mereka harus terdata dulu, udah terdata baru dikasih kupon. Mudah-mudahan besok (hari ini, red) lancar," lanjutnya.

Simak juga video 'Benarkah Vaksinasi Gotong Royong Buat Orang Kaya? Ini Faktanya!':

[Gambas:Video 20detik]




Di halaman selanjutnya, simak penyebab kerumunan saat vaksinasi pedagang Tanah Abang>>>>

Selanjutnya
Halaman
1 2 3