Vaksinasi di Tanah Abang Disetop, Wagub DKI Minta Panitia Atur Jam Giliran

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Selasa, 23 Feb 2021 19:10 WIB
Wagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria selesai donor plasma konvalesen.
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (M Ilman/detikcom)
Jakarta -

Pemberian vaksinasi COVID-19 kepada pedagang Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, dihentikan Satgas COVID-19 setempat. Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta panitia mengatur waktu pemberian vaksinasi COVID-19 kepada para pedagang.

"Ke depan kita minta panitia yang menyelenggarakan vaksin di Tanah Abang agar mengatur secara teknis dan detail. Umpamanya, calon penerima vaksin diatur jamnya jangan sekadar dibagikan kupon hari dan tanggal saja. Tapi jam diatur, umpamanya jam 8-9 jam 9 dan seterusnya," ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (23/2/2021).

Riza mengatakan hari ini ada 500 pedagang di Pasar Tanah Abang yang terdaftar menerima vaksin. Namun acara itu menimbulkan kerumunan sehingga polisi menghentikan proses vaksinasi.

"Dalam proses teknisnya tadi ada 500 tidak diatur sedemikian sehingga terjadi kerumunan. Untuk itu, kapolsek memberhentikan kembali," katanya.

Menurutnya, proses teknis mengenai vaksinasi itu sesuatu hal yang sederhana. Dia pun mendukung apa yang dilakukan polisi.

"Saya kira ini masalah sederhana ke depan apa yang dilakukan kapolsek dan jajaran menjadi sesuatu yang baik dan menjadi pembelajaran kita semua, dalam rangka melaksanakan vaksin agar mengatur sedemikian sesuai dengan prokes. Ini masalah teknis yang sederhana tapi nggak bisa dianggap enteng. Membagikan kupon harus diatur kapasitasnya dan waktunya dibagi. Tadi jam buka jam tutup, tapi dibagi gelombangnya," katanya.

Lebih lanjut, Riza mengatakan proses vaksinasi di Pasar Tanah Abang akan kembali dilanjutkan besok. Menurutnya, panitia akan kembali mengatur teknisnya.

"Kan besok langsung, diatur kembali. Pada prinsipnya diatur kembali secara teknis agar memenuhi prokes," katanya.

Sebelumnya diberitakan, polisi menghentikan proses vaksinasi virus Corona kepada pedagang di Pasar Tanah Abang. Langkah itu diambil setelah terjadi kerumunan di lokasi.

"Iya saya hentikan memang. Kami Satgas COVID Kecamatan Tanah Abang menghentikan karena antrean pedagang membeludak sehingga kita hentikan vaksin hari ini. Tidak bisa dibendung lagi dan tidak sesuai prokes (protokol kesehatan)," kata Kapolsek Metro Tanah Abang Kompol Singgih Hermawan saat dihubungi detikcom, Senin (23/2/2021).

Singgih menyebut lokasi vaksinasi dilakukan di Pasar Tanah Abang Blok A lantai 8 hari ini. Lokasi yang tergolong kecil menjadi salah satu penyebab timbulnya kerumunan.

Dia memperkirakan ada ratusan orang pagi tadi yang menghadiri vaksinasi di lokasi tersebut.

"Ada ratusan sih ada. Makanya karena itu sudah tidak sesuai, maka arus kita sampaikan. Pertama sudah kita imbau jaga jarak tapi datang lagi yang lain akhirnya numpuk makanya kita bubarkan," terang Singgih.

Simak video 'Hari Ini, Sekitar 1.500 Orang di Kawasan Tanah Abang Divaksinasi Corona':

[Gambas:Video 20detik]



(man/dkp)