9 Anggota Ombudsman Ucapkan Sumpah Jabatan di Hadapan Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Senin, 22 Feb 2021 11:32 WIB
Presiden Jokowi menyampaikan harapannya untuk tahun 2021.
Presiden Jokowi (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Ombudsman RI memiliki keanggotaan baru untuk periode 2021-2026. Sebanyak sembilan anggota Ombudsman terpilih mengucapkan sumpah jabatan di hadapan Presiden Jokowi.

Seremoni dilangsungkan di Istana Negara, Jakarta, lewat tayangan video yang diunggah saluran YouTube Sekretariat Presiden, Senin (22/2/2021). Pengangkatan anggota Ombudsman berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 36/P/2021.

Berikut ini susunan anggota Ombudsman masa jabatan 2021-2026 sebagaimana petikan Keppres:

Ketua: Mokh Najih
Wakil Ketua: Bobby Hamzar Rafinus

Anggota:
- Dadan Suparjo
- Hery Susanto
- Indraza Marzuki Rais
- Jemsly Hutabarat
- Johanes Widijantoro
- Robertus Na Endi Jaweng
- Yeka Hendra Fatika

Setelah Keppres dibacakan, 9 anggota Ombudsman mengucapkan sumpah jabatan di hadapan Jokowi. Setelahnya, lagu 'Indonesia Raya' dikumandangkan dan acara dilanjutkan pemberian ucapan selamat oleh Jokowi dan tamu.

Sebelumnya, 9 anggota Ombudsman disahkan dalam paripurna DPR pada 10 Februari 2021. Ombudsman periode 2016-2021 juga sudah menyampaikan laporannya kepada Jokowi. Dalam acara tersebut, Jokowi mempersilakan masyarakat memberikan kritik soal pelayanan publik.

"Semua pihak harus menjadi bagian dari proses untuk mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik. Masyarakat harus lebih aktif menyampaikan kritik masukan ataupun potensi maladministrasi dan para penyelenggara pelayanan publik juga harus terus meningkatkan upaya perbaikan-perbaikan," ujar Jokowi dalam pidatonya di Laporan Tahunan Ombudsman secara virtual.

Simak video 'Jokowi: Negara Bisa Dikatakan Hadir Jika Pelayanan Publik Prima':

[Gambas:Video 20detik]

(dkp/tor)