Round-Up

PUPR Urai Rencana Putus Masalah Banjir Pondok Gede Permai

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 20 Feb 2021 21:08 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau kondisi banjir di Perumahan Pondok Gede Permai (Rahmat Fathan/detikcom)
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau kondisi banjir di Perumahan Pondok Gede Permai. (Rahmat Fathan/detikcom)

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan curah hujan tinggi terjadi di Bukit Sentul dan di Bukit Hambalang, yang menyebabkan debit di Kali Cikeas dan Kali Cileungsi naik. Sebab, Kali Bekasi yang ada di dekat Perumahan Pondok Gede Permai merupakan tempat pertemuan arus dari dua kali tersebut.

"Yang sekarang terjadi di PGP adalah karena curah hujan tinggi di dua bukit, Hambalang dan Bukit Sentul, Kali Cikeas dan Kali Cileungsi," ucapnya.

Rahmat Effendi turut mendukung rencana PUPR yang akan membuat tanggul permanen di Kali Bekasi. Kata dia, penanganan banjir memang harus dilakukan dari hulu ke hilir.

Kondisi korban banjir di Pondok Gede Permai, Bekasi mengungsi di Kantor Logistik dan Peralatan BNPB Kota Bekasi.Kondisi korban banjir di Pondok Gede Permai, Bekasi mengungsi di kantor Logistik dan Peralatan BNPB Kota Bekasi. (Rahmat Fathan/detikcom)

Sementara itu, Rahmat Effendi mengaku juga telah menyiapkan polder air di beberapa titik banjir lainnya. Dilanjutkan dengan program revitalisasi sungai yang kini volumenya mulai mengecil.

"Lalu polder di tiga kecamatan itu ada di Bekasi Barat Perumahan Duta Kranji, ada di Kempo Pondok Gede, dan ada di Bekasi Timur," tutur Effendi.

Halaman

(isa/isa)