Jokowi Nyatakan PPKM Skala Mikro Efektif Turunkan Kurva Corona

Danu Damarjati - detikNews
Sabtu, 20 Feb 2021 16:02 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Foto: dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menyatakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) tidak efektif. Kini strategi sudah diubah menjadi PPKM skala mikro. Dia menyatakan PPKM skala mikro lebih efektif menekan kurva COVID-19.

"PPKM Skala Mikro Lebih Efektif Tekan Kasus Aktif COVID-19," demikian judul keterangan tertulis dari Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden yang diterima detikcom pada Sabtu (20/2/2021).

Presiden Jokowi berbicara dengan para pemimpin redaksi media nasional di Istana Merdeka, Rabu (17/2). Dia menjelaskan perihal PPKM mikro yang berhasil menekan kurva pandemi.

"Kenapa saya ngomong di awal minggu itu PPKM tidak efektif? Ya karena memang kurvanya tidak ada yang melandai turun. Tetapi yang kedua kelihatan sekali sudah turun. Yang ketiga ini turun lagi," kata Jokowi.

PPKM dinilai tidak efektif karena kasus dalam lingkup kecil bisa berdampak dalam lingkup yang lebih luas, maka ekonomi bisa kena dampak. PPKM mikro diterapkan sejak 9 Februari. PPKM mikro diterapkan dalam level kecil, yakni RT/RW dan mikro.

Selanjutnya, PPKM mikro berhasil turunkan kasus aktif: