Pemerintah Nyatakan Kasus Aktif COVID-19 Turun Signifikan

Danu Damarjati - detikNews
Sabtu, 20 Feb 2021 11:08 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan keterangan pers skenario pemulihan ekonomi terkait Corona. Skenario pemulihan ekonomi disiapkan hingga tahun depan.
Airlangga Hartarto (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah menyatakan kondisi pandemi COVID-19 di Indonesia sudah menunjukkan perkembangan menuju ke arah yang lebih baik. Kasus aktif sudah turun.

"Pertama kami ingin sampaikan, secara nasional jumlah kasus aktif mengalami penurunan signifikan, yakni minus 17,27 persen selama sepekan," kata Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto dalam jumpa pers secara virtual, Sabtu (20/2/2021).

Airlangga, yang juga merupakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, menyampaikan perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro untuk dua pekan ke depan mulai dari 23 Februari sampai 8 Maret 2021.

Airlangga menjelaskan tren kasus aktif di lima provinsi bisa diturunkan, yakni DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, DIY, dan Jawa Timur.

Selain itu, tren tingkat okupansi ranjang rumah sakit (bed occupancy rate/BOR) menurun sekitar 70 persen. Angka kesembuhan juga meningkat.

"Tren fatality rate (tingkat kematian COVID-19) juga turun di DKI, Jabar, Bali," kata Airlangga.

Tonton video 'Satgas Beberkan Penurunan Kasus COVID-19 Akibat PPKM':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2