Imbas Banjir Jakarta, Tiga Layanan TransJ Setop Operasi Sementara

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 20 Feb 2021 10:29 WIB
11 halte TransJakarta bakal ditutup sementara untuk direnovasi. Jadi salah satu halte yang bakal direnovasi, Halte Ragunan koridor 6 masih tampak beroperasi.
Ilustrasi bus TransJakarta (Dedy Istanto/detikcom)
Jakarta - Hujan deras yang mengguyur Jakarta semalaman mengakibatkan sejumlah lokasi terendam banjir. Imbasnya, sejumlah layanan bus TransJakarta setop operasi sementara.

"Beberapa layanan terpaksa setop beroperasi sementara mengingat kondisi genangan air yang tidak memungkinkan untuk dilintasi armada," ujar Direktur Operasional PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) Prasetia Budi dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Sabtu (20/2/2021).

Salah satu titik banjir dan genangan air terdapat di Jalan Mayjen Sutoyo, Cililitan. Akibatnya, tiga layanan TransJ setop operasi sementara.

"Rute BKN-Pondok Kelapa (7P), JAK 75 (Kampung Pulo-Halim via Cililitan), dan JAK 21 (PGC-Dwikora)," imbuhnya.

Sementara itu, rute Tanjung Priok-PGC (Koridor 10) beroperasi dengan penyesuaian berupa pengalihan rute. Untuk sementara tidak melewati Halte Stasiun Jatinegara sampai Halte Cawang Soetoyo.

"Semua layanan ini akan kembali beroperasi normal apabila jalur sudah memungkinkan untuk dilintasi armada," tambahnya.

Sejumlah lokasi di wilayah Jakarta terendam banjir setelah diguyur hujan deras semalam. Salah satu titik banjir terdapat di terowongan Cawang, Jakarta Timur.

Pagi tadi terowongan Cawang dari arah Kalimalang yang akan menuju Cililitan terendam banjir dan tak bisa dilalui. Lalu lintas dialihkan.

Pantauan detikcom di lokasi, Sabtu (20/2/2021) sekitar pukul 06.30 WIB, terowongan Cawang dari arah Kalimalang menuju Cililitan terendam banjir. Akibatnya, arus lalu lintas yang menuju ke arah Cililitan dialihkan melalui contraflow di lajur sebelahnya.

Tampak beberapa petugas PPSU Kebon Pala mencoba membersihkan dan menyedot air untuk dialiri ke kali. Ketinggian air sekitar sebetis orang dewasa menuju terowongan.

Lalu lintas menjelang lokasi padat. Jalan raya tampak becek dan para pengendara hati-hati melintas.

Tonton video 'Banjir di Tol JORR, Kendaraan Tak Bisa Melintas':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)