Tanda Tanya Genangan Putih Susu di Utara Jakarta

ADVERTISEMENT

Round-Up

Tanda Tanya Genangan Putih Susu di Utara Jakarta

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 20 Feb 2021 05:19 WIB
Cerita Ketua RW terkait genangan berwarna putih susu di Sunter Jaya kemarin
Foto: Kadek/detikcom

Lebih lanjut Kartono telah mengambil sampel air untuk diuji di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta. Dengan begitu, diharapkan sumber asal air putih tersebut menjadi jelas.

"Kita bingung (air) limbah atau bukan, ada dampaknya atau nggak seperti itu. Jadi air itu mengandung limbah atau nggak akan kita biar DLH yang tahu. (Dugaan sementara) kita belum tahu. Itu kemarin doang (air susu) sebelumnya nggak ada. Ini sekarang bersih," katanya.

"Ini mau tak (saya) kasih ke kelurahan, nanti biar Pak Lurah yang kasih ke Lingkungan Hidup," lanjut Kartono.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim menyebut genangan air berwarna putih susu di Sunter Jaya, Tanjung Priok, kemarin baru pertama kalinya terjadi. Kini pihaknya tengah meneliti air berwarna putih susu itu di Dinas Lingkungan Hidup.

"Iya (baru pertama terjadi). Itu bukan banjir, hanya genangan yang hujan kemarin sore. Saya sudah ke lokasi RT 16 RW 01," kata Ali.

"Sampel air kita sudah dapat untuk dicek ke LH," ujarnya.

Ali belum bisa menyebut dari mana asal genangan berwarna putih itu. Dugaan sementara, menurutnya, genangan itu putih karena tercampur baking soda.

"Dugaan sementara itu baking soda karena dekat situ ada tukang jualan makanan," ucapnya.

Darimana sebetulnya air itu bisa berwarna putih? Sementara ini Pemkot beserta jajaran menduga itu berasal dari baking soda dari salah satu rumah warga.


(maa/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT